Indeks


Pemanfaatan Daging Biji Sawo Sebagai Lotion Untuk Menggulangi Penyakit Deman Berdarah


Peneliti
Loviona Novellia Francia
Zahra Shofa
Pembimbing
Ismukaca, S.Pd, M.M Hj. Ulwiyah, S.Pd
Penghargaan
Pemenang Medali Perunggu LPB Surabaya 2015
Bidang
LIFE SCIENCE
Asal Sekolah
SMP NEGERI 18 SURABAYA
Abstrak

Lotion pastinya sudah tidak asing lagi, karena lotion sudah tersebar di berbagai supermarket, mini market, pasar tradisional, bahkan toko-toko di perkampungan juga tersedia. Biasanya lotion yang beredar berbahan dasar kimia dan hanya ditekankan pengusiran nyamuk,baik nyamuk deman berdarah maupun nyamuk lainnya tanpa memikirkan efek samping terhadap kulit seseorang. Dari gambaran di atas maka, penulis ingin membuat suatu karya ilmiah yang berupa lotion dengan bahan dasar dari daging biji sawo. Isi biji sawo ini dipilih karena mengandung acetogen, squamosin, insectisida/sereh-sitrun nellol.


Pengaruh Sumber Daya alam Papua Terhadap Tingkat Ekonomi Masyarakat Papua


Peneliti
Fitria Anugerah Putri
Fitri Aulia
Pembimbing
Anlek
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMP NEGERI 9 SURABAYA
Abstrak


Keanekaragaman Hayati Plankton Di Perairan Eco-Wisata Mangrove Wonorejo Kecamatan Rungkut Kota Surabaya Sebagai Indilator Kesuburan Perairan


Peneliti
Rofik Setiawan
Moch. Ali Ansori
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMP NEGERI 31 SURABAYA
Abstrak

Organisme di dalam air sangat beragam dan dapat diklasifikasikan berdasarkan bentuk kehidupannya atau kebiasaan hidupnya. Salah satu organisme yang hidup di daerah perairan diantaranya adalah plankton. Plankton ini berperan sebagai sumber makanan bagi biotan air lainnya. Plankton menurut Odum (1996) adalah organisme mengapung yang pergerakannya kira-kira tergantung pada arus. Plankton dapat dibagi menjadi dua golongan yaitu fitoplankton yang disebut plankton nabati dan zooplankton yang disebut plankton hewani. Zooplankton merupakan organisme yang amat banyak terdapat di seluruh massa air, mulai dari permukaan sampai di kedalaman dimana intensitas cahaya masih memungkinkan untuk fotosintesis (Nontji, 1987). Eco Wisata Mangrove Wonorejo termasuk dalam Kawasan Pantai Timur Surabaya (Pamurbaya) merupakan salah satu kawasan konservasi. Pamurbaya termasuk kawasan konservasi Kota Surabaya yang memiliki nilai ekonomis karena memiliki ekosistem yang beragam dan didalamnya terdapat hutan mangrove. Hutan mangrove sebagai salah satu ekosistem yang unik merupakan sumberdaya alam yang sangat potensial, mendukung hidupnya keanekaragaman flora dan fauna komunitas terestris akuatik yang secara langsung atau tidak langsung berperan penting bagi kelangsungan hidup manusia baik dari segi ekonomi, sosial maupun lingkungan (ekologi).


Efektifitas Scindapsus Aureus Sebagai Masker Bio-Absorbent


Peneliti
Chrisaputri Arytia K.
Pembimbing
Mas?amah, M.Pd
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMP NEGERI 33 SURABAYA
Abstrak

Polusi di udara di Surabaya semakin meningkat karena banyaknya jumlah pemakaian kendaraan bermotor dan arus lalu lintas yang padat disebabkan oleh sisa pembakaran bensin kendaraan bermotor. Penggunaan bensin pada kendaraan bermotor pada umumnya diberi bahan aditif yang mengandung Pb yang dapat mencemari udara dan berbahaya bagi hewan,tumbuhan, dan kesehatan pada manusia. Dilakukan pengujian kadar timbal (Pb) pada daun Sirih Belanda (Scindapsus aureus) dengan menggunakan AAS (Atomic Absorption Spectrophotometer). Daun Sirih Belanda ini dibuat dalam bentuk masker penutup hidung guna mengurangi jumlah Pb masuk secara langsung ke dalam sistem pernapasan manusia. Daun Sirih Belanda (Scindapsus aureus) diblender dijadikan bubur kemudian dikeringkan selama 24 jam dibawah sinar matahari. Setelah kering sampel ditanur pada suhu 800?C selama 2 jam kemudian didinginkan selama 1 hari. Setelah ditanur, sampel didestruksi ditambahkan 2ml asam nitrat dan ditambahkan aquademin sampai 25ml di dalam labu ukur. Kemudian diukur kadar timbal (Pb)nya dengan menggunakan AAS (Atomic Absorption Spectrophotometer). Hasil penelitian membuktikan bahwa daun Sirih Belanda (Scindapsus aureus) efektif sebagai masker bio-absorbent dalam menyerap timbal (Pb).


Moringa Oliefera?s Mud Cake


Peneliti
Rosdana Margaen
Shereena El Islamy
Pembimbing
Hj. Retno Murti Setyorini, M.Pd
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMA NEGERI 22 SURABAYA
Abstrak

Mengingat manfaat daun kelor yang begitu besar bagi kesehatan dan mudah untuk mendapatkannya maka mendorong kami untuk memanfaatkan daun kelor sebagai salah satu bahan dalam pembuatan kue lumpur yang menjadi obyek penelitian kami, hal ini di sebabkan sebagai alternatif dan pengembangan inovasi bahan pangan yang dapat dikonsumsi baik untuk konsumsi pribadi maupun untuk masyarakat luas. Kandungan vitamin, mineral, asam amino serta kandungan gizi lainnya yang terdapat dalam daun kelor harus dijaga agar tidak rusak atau hilang dalam proses pemanfaatannya untuk dipakai dalam segala kegiatan pemenuhan kebutuhan manusia, baik mulai proses pengeringan sampai dengan pengolahan menjadi tepung termasuk dalam hal ini sebagai salah satu bahan pembuat kue lumpur. Oleh karena itu proses pengolahan kue lumpur kita lakukan dengan mengukus, dengan tujuan agar kandungan vitamin, mineral, asam amino serta kandungan gizi lainnya yang terdapat dalam daun kelor tetap terjaga dan bermanfaat bagi kesehatan Data diperoleh melalui eksperimen dengan melakukan percobaan pembuatan kue lumpur dengan bahan dasar dari tepung daun kelor dengan menggunakan metode kualitatif. Metode ini digunakan untuk mengetahui bahwa daun kelor dapat diubah menjadi daun tepung kelor dan dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kue lumpur. Selain itu, tinjauan pustaka juga dilakukan guna mendapatkan informasi-informasi umum dari bahan yang diteliti. Adapun hasil yang kami peroleh dari penelitian ini bahwa daun kelor yang diubah menjadi tepung ternyata kandungan gizi lebih banyak daripada pengolahan dengan bentuk yang lain. Dan keunggulan lain dalam pembuatan kue lumpur ini adalah praktis, hygienis, dan ekonomis tidak membutuhkan waktu yang lama, kandungan gizinya banyak, dan rasanya juga cukup enak serta dapat dinikmati oleh semua umur karena harga relatif murah.


Selampai Temulawak Sebagai Indikator Pendetekdi Formalin Pada Makanan


Peneliti
Ardhi Raufur R.
Ninda Sriwardani
Pembimbing
Budi Santoso, M.Pd Dra. Moertiningsih
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMA NEGERI 21 SURABAYA
Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeteksi makanan yang mengandung formalin dengan indikator selampai temulawak. Data dianalisis secara kualitatif . Data kualitatif didapatkan dengan membuat perbandingan antara selampai yang diuji yaitu 0%,10% dan 30%, Hasil penelitian menunjukkan selampai temulawak berkonsentrasi 0% tidak berubah warna ketika diuji dengan sampel tahu berformalin dan tidak berformalin, artinya pada selampai tersebut tidak mengandung zat yang bereaksi dengan formalin. Pada pengujian kedua selampai temulawak 10% tidak berubah warna ketika diuji dengan sampel tahu atau ikan berformalin, sedangkan akan berubah warna menjadi lebih pekat ketika diuji dengan sampel tahu dan ikan tanpa formalin . Pada pengujian ketiga selampai temulawak 30% yang diuji dengan sampel ikan atau tahu yang mengandung formalin juga tidak mengalami perubahan warna, sedangkan akan berubah warna menjadi oranye ketika diuji dengan sampel tahu dan ikan tanpa formalin. Simpulan indikator selampai temulawak dapat digunakan untuk mendeteksi kandungan formalin.


Creation of Hand Soap and Sanitizer on Preventing the Growth of Bread Mold


Peneliti
Nicole Jap
Pembimbing
Carolyn Roxas Rosos
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
CITA HATI CHRISTIAN SCHOOL
Abstrak

Bakteria ada dimana-mana. Bakteria berada di tempat kotor termasuk di telapak tangan manusia. Untuk mencegah penyebaran bakteri, kita mencuci tangan kita dengan sabun. Jika tidak ada tempat mencuci tangan, maka digunakannya antiseptik. Antiseptik memiliki fungsi untuk membersihkan organisme kecil yang ada di tangan kita, sama dengan bakteri jamur yang tumbuh di roti. Antiseptik memiliki alcohol didalamnya yang dapat menekan pertumbuhan jamur. Tujuan experiment ini adalah untuk mengetes apakah sabun cuci tangan dan antiseptik dapat mencegah pertumbuhan jamur pada roti. Dengan experiment ini, kita dapat mengetahui kapan jamur mulai tumbuh dan mengetahui dimana harus disimpan untuk mencegah pertumbuhan jamur. Konklusi experimen ini adalah bakteria jamur sangat suka air yang menyebabkan pertumbuhannya menjadi cepat. Jika di tes di lapangan terbuka, jamur juga cepat tumbuh. Sampel yang diletakkan di tempat dingin tidak menimbulkan jamur sama sekali. Ini terjadi karena temperatur dingin menghambat pertumbuhan jamur.


Larutan Kapur Pengikat CO2


Peneliti
Jovanka Gunawan
Melis Crystiani Rusly
Pembimbing
Drs. Guntur Achmadi
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMP YPPI 3
Abstrak

Permasalahan yang dihadapi semakin banyaknya polusi udara. Dengan meningkatnya masyarakat yang menggunakan kendaraan bermotor, sebagai dampaknya menghasilkan polusi udara. Keadaan ini menyebabkan udara tercemar oleh polusi, sehingga banyak merugikan mahkluk hidup. Hal ini mendorong penulis untuk meneliti fenomena tersebut melalui penelitian berjudul: ? Batu Kapur sebagai pengikat karbon dioksida?. Penelitian ini memfokuskan pada kendaraan motor sebagai objek penelitian, sehingga diharapkan pihak-pihak lain yang berkepentingan dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Dari hasil percobaan ternyata air kapur dapat mengikat karbon dioksida yang berasal dari kendaraan bermotor.


Airku Terbuang Sia-Sia


Peneliti
Sherine Monica Oentoro
Brian Winata
Pembimbing
Drs. Guntur Achmadi
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMP YPPI 4
Abstrak

Permasalahan yang dihadapi keadaan lingkungan saat mengenai perubahan suhu yang sangat drastis dewasa ini semakin panas. Dengan semakin meningkatnya masyarakat menggunakan AC di hampir tempat tinggal sebagai dampak meningkatnya suhu di lingkungan kita dan di perparah lagi oleh meningkatnya kendaraan bermotor. Keadaan ini akan menyebabkan terjadinya peningkatan suhu udara yang semakin meningkat dan kandungan air dalam udara semakin menipis Berdasarkan latar belakang tersebut di atas ,dalam penelitian ini penulis mencoba merumuskan persoalan dalam bentuk pertanyaan: ?Bisakah limbah air AC dapat dijadikan air minum?? Dari data dan analisa penelitian ternyata Limbah air AC bisa dimanfaatkan dan bahkan bisa diminum.


Pengaruh Musik Terhadap Pembelajaran Di SMA Negeri 2 Surabaya


Peneliti
Amelia Virginia W
Anggita Devina A.
Pembimbing
Macam-macam jenis musik diciptakan, membuat orang-orang menyukainya. A
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMA NEGERI 2 SURABAYA
Abstrak


Pengaruh ?QUOTES? Terhadap Kepribadian Remaja di SMAN 2 Surabaya


Peneliti
Aprilia K.
Syafrie M.H
Pembimbing
Quotes telah menjadi sebuah fenomena yang populer di dunia digital yan
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMA NEGERI 2 SURABAYA
Abstrak


Mengatasi Eutrofikasi Eceng Gondok Menjadi Bahan Baku Pulp Kertas


Peneliti
Shanty Oktavia
Tiyamura Rahadatul A.
Pembimbing
Sri Oetari, S.pd
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMP NEGERI 16 SURABAYA
Abstrak

Siapa yang tidak butuh kertas ? Semua orang pasti membutuhkan kertas, baik untuk pembersih, menulis, maupun untuk membungkus dan lain-lain. Selama ini kita mengenal kayu sebagai bahan utama pembuat kertas. Jika kita tidak menjaga dan menghemat kayu sebagai bahan pembuat kertas maka dapat menurunkan jumlah kayu di dunia khususnya di Indonesia. Eceng gondok (eicchornia crassipes) salah satu tanaman air (gulma) yang dapat berkembang biak dengan cepat. Tanaman eceng gondok mempunyai kandungan sellulosa 60%. Sellulosa merupakan bahan dasar untuk membuat kertas. Dengan menambahkan NaOH untuk melunakkan seratnya maka eceng gondok dapat dijadikan alternatif untuk menjadi bahan dasar pulp (bubur) kertas. Proses pemasakan eceng gondok menjadi bubur kertas lebih cepat 2 jam dibandingkan dengan proses pulping kayu. Saat proses pemutihan ditambahkan HCl agar proses pelepasan warna pada serat menjadi lebih cepat. Pencetakan dilakukan dengan menggunakan screen T48 agar lebih halus. Proses pengeringan dilakukan dengan sinar matahari.


Banana Peel Tooth Paste


Peneliti
Cornelia Dinda K.
Pembimbing
Budi Santoso, M.Pd.
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMA NEGERI 21 SURABAYA
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memutihkan gigi secara alami dengan kulit pisang tanpa menggunakan zat kimia yang berbahaya. Metode penelitian kali ini adalah melakukan percobaan terhadap 20 orang dengan mencobai 3 macam pasta gigi (pasta gigi dari kulit pisang, pasta gigi herbal dan non-herbal). Hasil dan analisa penelitian ini adalah pasta gigi dari kulit pisang ambon dapat memutihkan gigi secara alami. Simpulan dari penelitian ini adalah pasta gigi dari kulit pisang yang kami buat mengahsilkan gigi putih alami tanpa merusak gigi dan menghindari gigi keropos.


Khasiat Batang Pisang dan Bawang Merah pada Tanaman Cabai


Peneliti
Nida Ariqah Wahyu F.
Florentina Agustin E.P.
Pembimbing
Budi Santoso, M.Pd. Sumartono, S.Pd, MM
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMA NEGERI 21 SURABAYA
Abstrak

Pembahasan dalam penulisan ilmiah ini adalah khasiat batang pisang dan larutan bawang merah. Pada proses pembuatannya dibutuhkan ke kreatifitasan merancang batang pisang yang sudah di beri botol bekas dan sudah di beri lubang untuk menaruh botol pada batang pisang. Batang pisang berguna untuk pertumbuhan tanaman. Mengapa demikian, karena organisme organisme yang ada di dalam batangg pisang sehingga tanaman akan mendapatkan nutrisi dari batang pisang. Lalu, larutan Bawang merah mengandung Allicin, vitamin B1, Tiamin untuh mempercept pertumbuhan tunas, Riboflavin untuk pertumbuhan tanaman dan mengandung ZPT Auksin, Rizokalin dapat merangsang pertumbuhan akar. Tiamin dan Allicin akan membnetuk ikatan allitiamin yang mudah diserap oleh sel tumbuhan. Auksin iproduksi di jaringan meristem dan akan disebarkan di seluruh bagian tanaman khususnya titik tumbuh/ akar


Spidol Ajaib Sebagai Indikator Penguji Adanya Boraks


Peneliti
Gita Dwi Safitri
Melinda Anggraeni
Pembimbing
Budi Santoso, M.Pd.
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMA NEGERI 21 SURABAYA
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuat pendeteksi boraks pada makanan dengan spidol ajaib berbahan kunyit. karena kunyit terdapat kandungan kurkumin yang bisa mendeteksi adanya boraks. Menurut data yang kami amati jumlah banyaknya kunyit tidak mempengaruhi warna yang ditimbulkan pada makanan yang mengandung boraks tersebut . jika makanan mengandung boraks akan bewarna lebih gelap dan makanan yang tidak menggunakan boraks bewarna lebih terang .


Biji Durian Sebagai Alternatif Pembuatan Tempe


Peneliti
Dica Ainun Alifa
Lutfiah Virgita Budiani
Pembimbing
Budi Santoso, M.Pd.
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMA NEGERI 21 SURABAYA
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat masyarakat Indonesia bahwa biji durian dapat dijadikan bahan alternatif pembuatan tempe. Banyak yang belum mengetahui bahwa biji durian dapat dijadikan bahan alternatif pembuatanb tempe. Dari hasil dan analisa ini ternyata limbah biji durian dapat dimanfaat dalam pembuatan tempe. Simpulan dari penelitian ini kita dapat membuat tempe dari biji durian yang harganya relatif lebih murah dan mudah di temukan lingkungan masyarakat


Pembuatan Bottle Bin Sebagai Metode Untuk Menumbuhkan Responsible Environmental Behavior Pada Diri Siswa


Peneliti
Dhaniar Ayu Kinasi
Sephia Daan Ramadhan
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMP SEKOLAH ALAM INSAN MULIA
Abstrak

Eko-sekolah merupakan program internasional terkait pendidikan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan untuk sekolah sebagai upaya mengatasi permasalahan-permasalahan lingkungan. Salah satu lembaga pendidikan di tingkat sekolah menengah yang telah menerapkan eko-sekolah adalah Sekolah Alam Insan Mulia (SAIM) Surabaya. Namun demikian, untuk mewujudkan tujuan tersebut, hal terpenting yang harus dipertimbangkan adalah bagaimana cara membentuk karakter siswa yang memiliki perilaku yang bertanggung jawab terhadap lingkungan (responsible environmental behavior). Terkait dengan permasalahan tersebut, penelitian awal (pra-eksperimen) telah dilaksanakan untuk mengetahui perilaku siswa yang bertanggung jawab terhadap lingkungan khususnya pada siswa kelas 7 Sekolah Menengah Pertama (SMP) SAIM, pada aspek tindakan konsumen / ekonomi, tindakan persuasif dan tindakan eko-manajemen terhadap lingkungan. Penelitian awal dilakukan dengan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data meliputi, observasi, wawancara, dan angket. Dalam penelitian ini pembuatan tempat sampah botol plastik dipilih sebagai salah satu metode untuk menumbuhkan perilaku yang bertanggungjawab terhadap lingkungan pada siswa, yang pada akhirnya berperan dalam mengatasi permasalahan lingkungan, khususnya terkait permasalahan sampah botol plastik, melalui pendidikan lingkungan. Sebagai pembelajaran seumur hidup, pendidikan lingkungan bertujuan untuk menunjukkan bahwa saling ketergantungan antara manusia dan lingkungan diperlukan untuk meningkatkan kelestarian lingkungan hidup manusia untuk saat ini dan generasi yang akan datang akan.


Pestisida Dari Putung Rokok dan Serbuk Kayu Jati


Peneliti
Khoirunnisa
Siti Aisyah
Pembimbing
Khoirul Anam, S.Si
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMA WIJAYA PUTRA SURABAYA
Abstrak

Telah di lakukan pembuatan biopestisida dari puntung rokok dan serbuk kayu jati sebanyak 14,6 g dan 43,8 g. dengan takaran 1:3 dan dengan takaran air sebanyak 640 ml. dan di rebus lalu di saring, dan ekstraknya di gunakan untuk biopestisida yang di semprotkan ke tanaman kangkung. Pestisida nabati yang dihasilkan dari limbah puntung rokok jauh lebih baik dibandingkan dengan pestisida kimia. Meskipun efektifitas pestisida nabati tanpa bahan tambahan lebih rendah dalam hal kecepatan membunuh hama, namun efektifitas dalam hal kelestarian lingkungan, pestisida nabati tanpa bahan tambahan jauh lebih unggul


Upaya Meminimalisasi Jumlah Limbah Padat Dengan Memanfaatkan Limbah Kulit Buah Apel dan Pisang Sebagai Bahan Alternatif Pembuatan Selai


Peneliti
Gabriel Irvan A.
Helena Putri Septyowati
Pembimbing
Hari Subagio, S.Pd Bambang Subekti, S.Pd
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMK FARMASI SURABAYA
Abstrak

Lingkungan dapat mengalami kerusakan dan ketidakseimbangan. Salah satu penyebabnya adalah berlimpahnya jumlah limbah yang dibuang tanpa ada tindakan tepat guna. Limbah adalah hasil buangan atau sisa yang dihasilkan dari suatu proses kegiatan. Limbah yang sering jumpai di lingkungan masyarakat adalah limbah padat. Kulit buah termasuk jenis limbah padat yang banyak dijumpai di masyarakat. Selain dapat memunculkan produk inovasi yakni selai berbahan dasar kulit buah, penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat bahwa limbah kulit buah dapat dimanfaatkan menjadi hal yang berguna yakni selai serta dapat mengurangi jumlah limbah padat di lingkungan, sehingga lingkungan (ekosistem) tetap terjaga kelestariannya. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan tahap-tahap pelaksanaan yaitu pengump[ulan bahan, pengolahan bahan, dan pen?gemasan. Data didapat dari hasil responden dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa selai kulit buah. Terdapat 20 responden yang merespon kualitas selai dai rasa, warna, bau, dan penampilan. Berdasarkan data segi rasa, sebayak 15 responden memberikan pernyataan bahwa rasa selai apel enak ketika dirasa, bila dibandingkan dengan rasa selai pisang yang hanya 5 responden merespon. Dari tekstur selai apel yakni warna selai sebanyak 14 responden merespon warna selai apel menarik dan berwarna cokelat, sedangkan selai pisang hanya 6 responden. Selain itu, dari segi penampilan selai, selai apel lebih menarik dengan 17 responden merespon sedangkan selai pisang hanya 3 responden. Jumlah responden yang merespon aspek bau selai apel dan pisang sama yakni 20.


Kompor Hemat Energi Aluminium


Peneliti
Andika Prabowo H
Florencia Leicester
Pembimbing
Clora Tri Juli Nugraheri, S.Pd
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMA SANTA MARIA SURABAYA
Abstrak

Peneliti membuat sebuah produk, yaitu kompor hemat energi agar dengan adanya kompor hemat energi ini kita bisa meminimalisir penggunaan energi gas yang kian menipis, dan agar dengan adanya kompor hemat energi ini tak hanya kalangan menengah ke atas saja yang dapat menikmatinya, namun juga pembuatan kompor hemat energi bisa dimanfaatkan oleh kalangan menengah ke bawah.


Eco-Friendly Printer Ink and Toner


Peneliti
R.Agastya Ardhitaputera
Tyara Tadenia Tjiotijono
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMA YPPI 1 SURABAYA
Abstrak

Office and school works nowadays would be incomplete without using printer. Printers come in different kinds and sizes and each of these printers uses inks and toners from various preparations and chemical compositions. This is one of the reasons why commercial inks and toners are very expensive in the market. On the other hand, when the printer cartridges and toners run dry and become empty, most people will just merely dump them into the garbage and travel from our local landfill and will add up to pollution that threat the environment and even the health of the people. The information above gave the researchers the idea to 1) come up with an eco-friendly printer ink and toner; 2) recycle ink cartridges and toners; and 3) to come up with a cheaper natural ink and toner but as effective as the commercial one. Flowers of rosella, bougainvillea, and plumeria will be used as the source of the natural ink and a carbonized coconut husk. The flowers will dried, powdered, and extracted using an Ethanol alcohol while the coconut husk will be carbonized by burning and powdered into fine particle. Testing the ink products and the toner will still be done to determine their effectiveness It will be recommended that 1) other plant materials will be used in the manufacture of ink and toner; and 2) recycle and refill cartridges to help save our environment


Batang Api-Api(Avicenia Officinialis Marina) Sebagai Bahan Pengawet Alami Yang Ramah Lingkungan


Peneliti
Alifa Farah Firdaus
Jawza Thahara Rosyasifa
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMP ISLAM AL-AZHAR 13
Abstrak

Penelitian berjudul uji efektifitas pengawet alami asap cair batang api-api (Avicenia officinialis marina) ini bertujuan untuk mengetahui proses pembuatan dan penjernihan asap cair api-api (grade 1 sampai 5) serta mendeskripsikan efektifiktas pemberian asap cair api-api (grade 1 sampai 5) terhadap bau, warna/fisik, kekenyalan dan rasa ikan. Ikan merupakan kekayaaan Indonesia yang melimpah tetapi mudah rusak sehingga perlu upaya untuk mengawetkan salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan pengawet alami yang ada di sekitar perairan yaitu kayu api-api yang mengandung senyawa anti bakteri. Metode penelitian terdiri dari tahap pembuatan asap cair, tahap penjernihan asap cair dan tahap pengujian ikan. Asap cair dibagi menjadi 5 grade. Grade 1 tanpa penjernihan, grade 2 sekali penjernihan, grade 3 dua kali penjernihan dan seterusnya. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa asap cair grade 5 mampu mengawetkan ikan selama 9 ? 10 hari.


Wawasan Gender Sebagai Upaya Dalam Menurunkan Angka Bullying di SMA Negeri 2 Surabaya


Peneliti
Arifa Rosyida Ikbar
Alif Noviana Ismi
Pembimbing
Drs. Lukas Pelupessy
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMA NEGERI 2 SURABAYA
Abstrak

Dewasa ini, banyak sekali terdengar berbagai macam kasus bullying yang kerap terjadi di sekolah. Baik di kalangan siswa-siswi di tingkat sekolah dasar hingga pada tingkat sekolah menengah atas. Bullying pastinya memiliki dampak yang signifikan terhadap perkembangan psikis anak. Seperti yang kita ketahui, bullying bukanlah hal yang baru. Dan bahkan dari tahun ke tahunnnya ditemukan berbagai kasus yang jenisnya perlu mendapatkan perhatian yang serius. Bullying secara garis besar dapat berupa tekanan psikis maupun berupa kekerasan fisik. Di indonesia kedua jenis bullying ini, mempunyai kadar yang cukup tinggi. Maka dari itu perlu perhatian yang lebih pada permasalahan bullying yang kerap terjadi ini. Biasanya banyak kasus bullying yang berkaitan dengan berbagai macam perbedaanyang dimiliki si korban (etnis, agama, ras minoritas, kekurangan fisik maupun mental, dll). Sehingga berikut ini merupakan solusi yang menurut kami efektif dalam usaha menekan angka kasus bullying. Pertama, bullying harus dipahami secara menyeluruh pada anak remaja. Kedua, pemberian wawasan gender (yang notabene di dalamnya terdapat nilai-nilai toleransi dan saling menghargai antara satu dengan yang lain, baik pria maupun wanita) adalah hal yang penting. Dimana seiring perkembangan zaman sudah seharusnya mempunyai kesempatan yang sama dalam berkompetisi di dunia kerja maupun akademik, berkarya, maupun mengunggkapkan ide gagasan mereka. Pemberian wawasan gender dapat dilakukan dalam pembelajaran, ataupun pada forum-forum khusus, separti seminar dan komptisi yang berhubungan dengan hal tersebut. Dengan karya tulis yang kami buat ini, kami berharap dapat mengangkat materi gender dengan tujuan utama untuk mengatasi masalah bullying (yang evidennya kami pusatkan padakalangan remaja SMA). Semoga karya kami ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.


Kain Gombal dan Ekstrak Patah Tulang(Euphorbia Tirucali L.) Sebagai Obat Nyamuk Alami


Peneliti
Indyarwan Ananta Seno
Wan Muhamad Irfan
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMP ISLAM AL-AZHAR 13
Abstrak

Penelitian tentang Pengaruh Distilasi Kering Kain Gombal dengan Ekstrak Tanaman Patah Tulang (Euphorbia tirucali L.) ini bertujuan untuk menjelaskan mekanisme distilasi kering kain gombal dengan ekstrak tanaman patah tulang (Euphorbia tirucali L.) terhadap mortalitas nyamukserta mendeskripsikan efektifitas hasil distilasi kering kain gombal dengan ekstrak tanaman patah tulang (Euphorbia tirucali L.) terhadap mortalitas nyamuk. Proses pembuatannya adalah dengan membuat ekstrak batang tanaman patah tulang yang dipotong-potong kemudian direndam alkohol dan dishakre selama 24 jam dan disaring hingga didapat residunyaSelain itu, juga dilakukan penyulingan kain gombal basah yang ditambahkan batang tanaman patah tulang hingga didapatkan residunya. Pada proses pengamatan diletakkan hasil distilasi kering kain gombal dengan ekstrak tanaman patah tulang (Euphorbia tirucali L.) ke dalam cawan petri dengan perbandingan 50%, 75%, dan 100%. Pengamatan dan perhitungan jumlah nyamuk yang hidup dan yang mati dimana masing-masing cawan diberi 5 jentik nyamuk.Hasil distilasi kering kain gombal dengan ekstrak tanaman patah tulang (Euphorbia tirucali L.)dapat dimanfaatkan sebagai obat nyamuk alami untuk membunuh jentik nyamuk.Berdasarkan hasil pengamatan diketahui bahwa semakin besar konsentrasi residu ekstrak batang tanaman patah tulang maka semakin cepat jentik nyamuk mati, dimana ekstrak tanaman patah tulang dengan konsentrasi 100% dan 75% lebih efektif dibandingkan dengan percobaan menggunakan obat nyamuk kimia yang hanya mendekati hasil percobaan dengan konsentrasi residu 50%.


Inovasi Cemerlang Gosokan Anti Gelap


Peneliti
Angling Raga Langi
Virginia Kusuma P.
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMA NEGERI 4 SURABAYA
Abstrak

Bunga Melati (Royal Jasmine) bukan hanya untuk tanaman hias saja tetapi tanaman ini mengandung asam benzoat,benzyl asetat,benzyl alcohol,geraniol serta antioksidan ini memiliki manfaat yang tidak kita ketahui seperti mampu menyehatkan kulit agar terlihat lebih putih serta dapat menghilangkan kulit yang pecah pecah atau luka yang ada di kulit selain itu dibantu dengan buah bengkoang yang kita tahu manfaatnya untuk memutihkan kulit.oleh karena itu kami sepakat untuk mengusung tema inovasi cemerlang gosokan anti gelap dengan membuat sabun yang terbuat dari bunga melati dan buah bengkoang untuk memutihkan kulit secara alami secara optimal dengan pemakaian secara teratur setiap mandi agar kulit hitam akibat sinar ultraviolet akan pudar dalam beberapa hari.


Cara Mengolahan Sampah Sisa Makan di Rumah


Peneliti
Jono
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMA PGRI III SURABAYA
Abstrak

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat,manusia yang mempunyai aktifitas yang begitu padat,sampai-sampai mereka tidak melihat lingkungan yang mereka tinggal saat ini. Dengan aktifitas yang banyak demikian,manusia tetap bisa menjalaninya dengan normal seperti biasa seperti tidak ada gangguan tentang lingkungan mereka,sehingga tidak melihat dampak yang telah mereka lakukan selama mereka melakukan aktifitas tersebut. Dengan adanya suatu kegiatan mengompos sampah makanan yang di bentuk untuk menganalisis tentang suatu lingkungan yang di sekitar manusia atau makhluk hidup lain.


Pembuatan Yogurt dari Ekstrak Kulit Apel Dengan Starter Laztobacillus Bulgaricus dan Streptococcus Thermophilus


Peneliti
Olivia Marchia K.
Jennifer Theresia S.
Pembimbing
Linda Herlina, S.Pd
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMA KRISTEN PETRA 1
Abstrak

Yoghurt merupakan salah satu olahan susu berupa minuman sehat yang bermanfaat bagi tubuh. Istilah ?yoghurt? berasal dari bahasa Turki, yaitu "jugurt" yang berarti susu asam. Jadi, yoghurt merupakan minuman yang berasal dari susu rasanya asam. Yoghurt dibuat melalui proses fermentasi menggunakan bakteri kultur yoghurt. Bakteri ini menguraikan gula susu (laktosa) menjadi asam laktat. Adanya asam laktat inilah yang menyebabkan yoghurt terasa asam. Yoghurt bisa dikonsumsi orang yang alergi terhadap susu maupun mengidap intoleransi laktosa karena struktur laktosa pada yoghurt telah dirusak oleh bakteri yang disebut kultur yoghurt tadi. Melalui penelitian ini, diharapkan penggunaan ekstrak kulit apel dalam yoghurt dapat memperkaya rasa yoghurt yang beredar di masyarakat sekaligus menjadi solusi untuk limbah kulit apel yang umumnya merupakan limbah rumah tangga.


Pemanfaatan Biji Asam(Tamarandus Indica) Untuk Mengurangi Kesadahan Air


Peneliti
Saradiva Azzahra P.P.
Velynta Sephia Yulinar
Pembimbing
Dra. Diamah
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMP NEGERI 28 SURABAYA
Abstrak

Kita tahu bahwa air permukaan di kota Surabaya dan sekitarnya adalah air sadah. Untuk itu, dalam rangkah mengurangi krisis air bersih dapat digunakan biokoagulant yang berupa biji asam (klungsu) . Klungsu dapat digunakan sebagai bahan koagulant karena kulitnya banyak mengandung tannin. Untuk itu, kami mencoba dengan serbuk biji asam yang kami larutkan pada berbagai sumber air yaitu, Sungai Kedurus, sungai Brantas, dan sungai Lamong dan sumber air sumur, dari daerah Karangrejo dan Lidah wetan serta PDAM. Dari hasil percobaan, menunjukkan bahwa terjadi penetralan Ph air, penurunan suhu air terejadi endapan walaupun tidak nampak akan tetapi nampak adanya butiran-butiran setelah direaksikan dengan soda kue, dan dari hasil tes detergen nampak bahwa semakin banyak diberi serbuk biji semakin sedikit kebutuhan tetesanair sabun untuk menjadi busa. Dan yang paling efektif adalah 250 ml air dengan 1 gr serbuk biji asam.


Pemanfaatan Lidah Buaya Sebagai Bahan Baku Pembuatan Es Paloev


Peneliti
Dita Amelia Fitri
Alfina Aulya
Pembimbing
Dra. Endang Purwakanti Titi Rustiani, S.Pd, MM
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMP NEGERI 8 SURABAYA
Abstrak

Lidah buaya merupakan icon SMP Negeri 8 Surabaya, sebagai sekolah berwawasan Adiwiyata sehingga kita membuat sebagai minuman berupa es paloev. Penelitian ini bertujuan untuk membuat produk dari lidah buaya yaitu es paloev yang disukai oleh para konsumen, khususnya di SMP Negeri 8 Surabaya. Penelitian ini sangat sederhana dan mudah dilakukan dengan memvariasi konsentrasi gula dan lama perendaman lidah buaya dalam air kapur sirih, kemudian dirasakan oleh konsumen warga SMP Negeri 8 (20 orang guru dan 80 siswa kelas 8) untuk mengetahui konsentrasi gula yang banyak diminati kosumen. Tahap-tahap penelitian sebagai berikut : pengumpulan daun lidah buaya, pengambilan daging lidah buaya, pemotongan daging kecil-kecil seperti dadu, perendaman dengan air kapur sirih, yang bervariasi 1 jam dan 1,5 jam untuk menghasilkan tekstur yang baik, memasukkan gula dalam 1500 ml air yang bervariasi dengan jumlah 200 gr, 250 gr, 300 gr untuk mengetahui kadar gula yang diminati konsumen, dan tahap terakhir pengemasan. Memasukkan air gula beraroma pandan dalam botol ukuran kurang lebih 300 ml. Serta ditambahkan lidah buaya kurang lebih 3 sendok makan. Sarana penelitian ini adalah warga SMP Negeri 8 Surabaya pada khususnya dan masyarakat padaumumnya untuk membuatkan lidah buaya sebagai bahan baku membuat es paloev. Penelitian ini dilaksanakan di ruang tata boga SMP Negeri 8 Surabaya mulai tanggal 31 Agustus sampai tanggal 11 Septembar 2015. Berdasarkan hasil penelitian, konsentrasi yang banyak diminati konsumen yaitu perendaman lidah buaya dalam kapur sirih selama 1 jam (rasa kenyal) dan konsentrasi gula 250 gr dalam 1500 ml air dengan peminat 79 %.


Optimization Potential of Saponin Substance on Sapindus Rarak


Peneliti
Annora Zerlina Lysandra
Navedan Istighrariansyah
Pembimbing
Drs. H. Aan Subandi, MM
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMA NEGERI 2 SURABAYA
Abstrak

Lingkungan merupakan hal terpenting dalam menjalani aktivitas makhluk hidup. Bebas dari pencemaran merupakan tanda dari lingkungan yang baik dan sehat. Tetapi seiring perkembangan waktu lingkungan sekitar semakin tercemar akibat aktivitas manusia dalam menggunakan bahan-bahan kimiawi yang bersifat destruktif bagi lingkungan khususnya dalam penggunaan bahan pencuci dan pestisida kimiawi. Oleh karena itu perlu sekali adanya bahan pengganti yang ramah terhadap lingkungan tetapi tidak kalah dengan bahan pencuci serta pestisida pada umumnya yaitu menggunakan ekstrak dari buah Sapindus rarak. Ekstraksi buah lerak diambil dari daging buah lerak lalu diolah sedemikian rupa melalui bioproses sehingga dapat menghasilkan sari-sari yang mengandung zat saponin. Zat saponin merupakan zat sabun yang sangat dibutuhkan sebagai daya pembersi maupun membersihkan pakaian kotor. Tidak hanya sebagai bahan pembersih zat saponin yang terkandung pada buah Sapindus rarak dapat digunakan sebagai biopestisida yang tidak bersifat destruktif terhadap lingkungan atau dengan kata lain dapat diuraikan oleh mikrooganisme.


Pemanfaatan Limbah Bunga Kenanga


Peneliti
Ayu Nur Lestari
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMP NEGERI 23 SURABAYA
Abstrak

Untuk menjadikan limbah lebih bernilai perlu adanya percobaan atau cara pengelolahannya. Di sekolah menengah pertama negeri 23 surabaya mempunyai banyak sekali tanaman. Pohon pohon yang langkah pun juga tumbuh disana. Hampir setiap hari daun tanaman dan pepohonan banyak yang berjatuhan banyak di sana. Sehingga memenuhi area teras gedung ?gedung di smp negeri 23 surabaya. Nah, untuk mengurangi masalah itu kami berinisiatif untuk mengubah limbah daun tersebut menjadi barang yang sangat bernilai ekonomis. Salah satu contohnya adalah dengan pengolahan penyulingan ??bunga kenanga??. Bunga kenanga merupakan salah satu icon di smp negeri 23 surabaya, yang banyak tumbuh dan berkembang banyak di smp negeri 23 surabaya. Selain jumlahnya yang banyak ??bunga kenanga?? juga bisa menghirup banyak karbondioksida. Selain itu juga, kami ingin mengubah nama selewengan bunga kenanga sebagai bunga kuburan. Menjadi bunga pujaan karena harumnya, kami juga ingin berinisiatif menjadikan bunga kenanga lebih menjadi bernilai ekonomis dengan mengubah limbah daun bunga kenanga menjadi parfum kenanga melalui metode penyulingan . Insiatif tersebut muncul karena kami ingin mengurangi beban sampah organik dan menjadikannya lebih bernilai ekonomis lagi. Melalui inisiatif pengubahan pengolahan bunga kenanga menjadi parfum yang sangat wangi tidak kalah dengan parfum buatan pabrik


Ekstrak Jambu Biji(Psidium Guava) Sebagai Bahan Mengurangi Radiaso Sinar Ultra Violet


Peneliti
Cokorda Satrya Pramana
Rifki Ardiansyah
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMA NEGERI 4 SURABAYA
Abstrak

Jumlah penderita kanker kulit meningkat pesat setiap tahunnya seiring dengan menipisnya lapisan ozon di bumi. Sinar Ultra Violet erat hubungannya dengan lapisan ozon yang bertindak sebagai penghalang Ultra Violet dari matahari ke bumi. Terkait dengan kecenderungan meningkatnya penderita kanker kulit di dunia, di Indonesia kanker kulit termasuk peringkat ketiga di dunia dengan persentase 15 % jenis kanker terganas setelah kanker leher rahim 55% dan kanker payudara 17%. Menurut Suriadireja (2006) dalam Soera (2006), sebagian besar keganasan yang terjadi pada kulit sebagai akibat kerusakan epidermis karena berbagai faktor penyebab yang berlangsung lama. Faktor yang paling berperan adalah sengatan sinar Ultra Violet, khususnya pada orang yang banyak bekerja dibawah terik matahari, seperti pelaut atau petani, sering berjemur diri di pantai. Berdasarkan uraian tersebut, masyarakat Indonesia berpotensi besar menderita kanker kulit. Beberapa upaya pencegahan kanker kulit yang umum dilakukan antara lain melalui penggunaan tabir surya, yang berupa salep maupun krim yang mengandung bahan kimia yang melindungi kulit dengan cara menyaring sinar Ultra Violet, ternyata bisa mengiritasi kulit dan pada beberapa orang bisa menyebabkan reaksi alergi sehingga masyarakat cenderung anti terhadap penggunaan tabir surya sintetis. (Soera, 2006) Mengingat pentingnya tindakan preventif dan kuratif terhadap kanker kulit, maka diperlukan pengobatan alternatif dengan memanfaatkan bahan - bahan alami yang mutlak diperoleh masyarakat. Karya tulis ini berusaha mengetengahkan jambu biji penahan radiasi Ultra Violet. Hal ini dikarenakan jambu biji memiliki kandungan antioksidan, beta karoten, pektin, tanin dan vitamin C yang tinggi (Hapsoh dan Hasanah, 2011)


Penambahan Tepung Bekatul Pada Kue Brownies Sebagai Jajanan Siswa SMP


Peneliti
Emma Sophia Hatta
Hana Atika Ibra Kinna
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMP NEGERI 29 SURABAYA
Abstrak

Untuk membuat dan menghasilkan makanan yang bernutrisi tinggi dan harga terjangkau, untuk menyikapi kehidupan era 2015 yang memang serba dinamis, mengejar rasa dan kecepatan. Untuk penelitian kali ini, kami memberikan sebuah penelitian pengembangan gizi pada kue brownies untuk jajanan siswa. yang memiliki nilai gizi yang tinggi, kami akan mengganti ? tepung terigu dengan tepung bekatul mentah yang telah steril. Dengan resep yang dijelaskan pada lembar kajian pustaka. Disetiap data yang kami ambil berdasar uji organoleptic pada 30 responden menggunakan modus disetiap tabel (rasa, aroma, tekstur). Pada warga sekitar rumah dan warga SMPN 29 Surabaya. Pada persentase uji organoleptic dijelaskan, bahwa Ket: A = Enak ? Perfect : 95,7% B = Lumayan, tapi ?. : 3,3% C = Tidak enak : 0% Kesimpulan dari pembahasan makalah diatas menurut pemikiran dari kami adalah, bila bekatul diolah dengan baik dan benar, akan lebih baik, lebih bergizi, lebih terjangkau dibanding tepung terigu biasa. Saran kami, bila mengolah tepung bekatul menjadi makanan yang dianjurkan dengan proses steril dan cermat pada saat mengolah untuk menghindari efek samping.


Potensi Lerak(Sapindus Rarak) Sebagai Bioinsektisida Alami dalam Mengendalikan Perkembangan Jentik-Jentik Nyamuk


Peneliti
Hanum Cheffi Ambarwati
Shamilatus Zakia
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMP NEGERI 48 SURABAYA
Abstrak

Di depan gedung SMPN 48 Surabaya terdapat sungai yang sudah mengalami pendangkalan sehingga menjadi genangan air dan dapatmenjadi sarang nyamuk karena banyak terdapat jentik - jentik nyamuk.Sementara pada bulan September merupakan musim pancaroba saat nyamuk demam berdarah untuk berkembang biak. Agar nyamuk tersebut tidak berkembang biak maka perlu dilakukan pencegahan. Salah satunya penggunaaan serbuk Abate pada bak mandi.Tetapi dewasa ini WHO mengemukakan bahwa serbuk Abate tidak aman untuk digunakan. Karena Abate merupakan insektisida organoposphat yang bersifat karsinogenik dandapat menyebabkan gejala keracunan pada otak dan paru-paru. Sementara itu, Indonesia memiliki salah satutanaman langka yaitu Lerak (Sapindus rarak) yang diketahui dapat digunakan sebagai bioinsektisida alami. Biji lerak (Sapindus rarak) mudah didapat karena dianggap sebagai limbah. Berdasarkan hal tersebut, maka kami mengadakan penelitian. Serbuk biji Lerak dapat dipakai sebagai bioinsektisida dalam mengendalikan perkembangan jentik ? jentik nyamuk, dan efektif pada pemberian serbuk biji Lerak (Sapindus rarak) 0,3 gr yang telah direndam dengan 3 ml alkohol 70 % selama semalam dengan biaya yang relatif murah dan cara yang mudah. Serta dapat menyebabkan jentik ? jentik nyamuk berkurang kelincahannya. Dan bersifat sebagai repelen yang mencegah kehadiran nyamuk


Upaya Pemanfaatan Lahan Bekas Bangunan Di Lokasi Baru SMP Negeri 24 Surabaya


Peneliti
Vio Firdaus Vanesa
Ananda Fayqa Meiza S.
Pembimbing
Dhewie Aisjah, S.Pd Wiwik Yulianti, M.Pd
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMP NEGERI 24 SURABAYA
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana upaya pemanfaatan lahan bekas bangunan di lokasi baru SMP Negeri 24 Surabaya oleh warga belajar SMP Negeri 24 Surabaya. metode deskriptif dengan melakukan eksperimen dengan cara mencampur antara pupuk kompos dan pupuk organic pada lahan yang terdapat di lingkungan SMP Negeri 24 Surabaya. Dalam penelitian ini telah membuktikan bahwa tanaman yang ditanam di lahan eksperimen tumbuh dengan baik terlihat dari batang dan daun sangat hijau dibandingkan dengan tanaman yang ditanam pada lahan yang bukan lahan eksperimen.


Pengaruh Musik Hardcore Terhadap Perilaku Remaja Komunitas UKHC Wilayah Tengger


Peneliti
Shinta Amelia
Pritha Nurwidya Safitri
Pembimbing
Wahidah RN, S.Pd
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMA WIJAYA PUTRA SURABAYA
Abstrak

The research based on influence of new culture came to Indonesia. Because of it most of change on them. The purpose of the research was to get data from respondence about how far the impact of hardcore music. Hardcore music is one of music came from Amerika Serikat. It is most popular music teenager right now. Music is their soul. Many positive and negative impact caused hardcore music.This condition make positive impact (knowing new culture) and negative impact (make a bad behaviour such smoking and curse)


Dampak Penutupan Lokalisasi Moroseneng Terhadap Perubahan Struktur Perekonomian Warga Sekitar


Peneliti
Marisa Tuzzahro Ilmi
Fernanda Ardhitya Z.
Pembimbing
Wahidah RN, S.Pd
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMA WIJAYA PUTRA SURABAYA
Abstrak

Penelitian ini dilatarberlakangi oleh penutupan lokalisasi Moroseneng yang mengalami perubahan ekonomi bagi warga sekitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penutupan lokalisasi Moroseneng terhadap perubahan perekonomian masyarakat sekitar. Lokalisasi Moroseneng merupakan salah satu komplek prostitusi yang terkenal di Surabaya. Di bidang ekonomi masyarakat Moroseneng sangat bergantung pada bisnis prostitusi. Bila diamati lebih lanjut, bisa dibedakan menjadi dua klasifikasi yaitu masyarakat yang berkaitan secara langsung pada bisnis prostitusi dan ada pula yang tidak berkaitan langsung dengan bisnis tersebut. Penutupan lokalisasi dapat menimbulkan dampak negatif dan dampak positif yang dirasakan oleh masyarakat. Mereka beranggapan bahwa penutupan lokalisasi dapat menghambat kegiatan ekonomi dan pendapatan mereka berkurang bahkan hilang. Namun, ada juga masyarakat yang merasa diuntungkan karena lingkungan masyarakat mereka tidak terkontaminasi dengan adanya lokalisasi prostitusi, baik lingkungan kesehatan maupun lingkungan sosial.


Alat Pendeteksi Boraks dengan Bahan Alami


Peneliti
Lavina Fara H
Nurul Fitriatus S
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMK AL-IRSYAD SURABAYA
Abstrak

Alat pendeteksi boraks merupakan alat yang jarang kami jumpai. Untuk itu kami membuat alat ini untuk memyadarkan masyarakat agar lebih berhati-hati dalam memilih makanan. Boraks juga merupakan sebuah bahan yang tidak untuk dikonsumsi masyarakat. Bahan dalam membuat alat ini jugaa tidaak terlalu sulit. Seperti halnya kain, kain yang kami gunakan juga mudah untuk dijumpai dan bisa jadi kain yang digunakan adalah kain putih yang sudah tidak terpakai. Dan bahan kedua adalaah kunyit yang sering digunakan dalam pengolahan makaanan atau termasuk bumbu dapur. Kami berharap karya kami ini dapat diterima masyarakaat dan mengurangi kecemasan masyarakat dalam memilih makanan yang sehat. Semoga dari alat ini dapat ter ekspose luas ke seluruh masyarakat.


Durian Pembunuh Nyamuk


Peneliti
Faisal Dwi Priatna
Nadila Wulan Cahyani
Pembimbing
Drs. Nugroho, M.Si
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMP NEGERI 19 SURABAYA
Abstrak

Penelitian tentang ?Durian Pembunuh Nyamuk? ini hanya membuktikan bahwa durian bisa digunakan untuk membuat obat nyamuk. Penelitian ini bertitik tolak dari asumsi bahwa nyamuk sangat takut dengan sumber bebauan yang menyengat, seperti bau kulit jeruk, bunga lavender, atau bunga rosemary. Seperti buah durian yang mempunyai bau menyengat, disebabkan karena di dalam buah durian terdapat kandungan minyak atsiri dan alkohol. Kandungan alkohol yang terdapat dalam buah durian inilah yang membuat nyamuk tidak menyukai baunya


Pendapat Warga Sekitar Tentang Aktivitas Suporter Sepak Bola Ketika Pertandingan Sepak Bola Di Gelora Bung Tomo Surabaya


Peneliti
Aryo Brahmantyo
Rifdah Anafiah Zuhroh
Pembimbing
Wahidah RN, S.Pd
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMA WIJAYA PUTRA SURABAYA
Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh aktivitas suporter sepak bola yang banyak menimbulkan pro dan kontra dikalangan masyarakat. Dan juga, Bonek (sebutan untuk suporter Persebaya) menduduki peringkat ke 2 sebagai suporter yang sangat fanatik di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pendapat dan harapan dari warga disekitar Gelora Bung Tomo Surabaya mengenai aktivitas dari suporter sepak bola. Suporter adalah orang yang memberikan dukungan dalam sebuah pertandingan. Aktivitas suporter sepak bola ini sifatnya sementara (casual crowds) dan termasuk dalam jenis kerumunan penonton (spectator crowds). Aktivitas suporter dapat menimbulkan dampak negatif dan dampak positif yang dapat dirasakan oleh masyarakat. Aktivitas suporter sepak bola ini menimbulkan rasa tidak nyaman yang dirasakan oleh warga sekitar. Mereka beranggapan bahwa suporter sepak bola bersikap kurang sopan terhadap masyarakat sekitar. Namun, ada juga warga yang merasa diuntungkan dengan adanya suporter sepak bola. Karena, mereka dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat disekitar Gelora Bung Tomo Surabaya.


Pemanfaatan Ekstrak Daun Kamboja(Plumeria Acuminata Ait) Sebagai Pengendali Hayati


Peneliti
Zhiella Oktrabiani F.
Cindy nanda Giatin M.P.
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMA NEGERI 4 SURABAYA
Abstrak

Indonesia kaya akan keanekagaraman baik hewan maupun tumbuhan sebagian dari keanekaragaman itu dimanfaatkan unuk memenuhi kebutuhan manusia. Salah satu bentuk pemanfaatan itu ialah memberdayakan dalam lingkup pertanian dan perkebunan. Usaha untuk memberdayakan pertanian dan perkebunan mengalami banyak gangguan, diantaranya yaitu serangan hama dan penyakit pada tanaman yang dibudidayakan. Para petani cenderung mencoba mengatasi dan memusnahkan hama dan penyakit dengan cara yang cepat, yaitu menggunakan pestisida. Mereka menganggap penggunaan pestisida dirasa membutuhkan watu yang sedikit dan lebih efektif (Untung, 2001). Padahal jika pestisida disemprotkan ke buah atau sayur, maka bagian yang disemprot itu mengandung racun yang sangat berbahaya. Kandungan racun itu ketika sudah masuk dalam tubuh manusia akan merusak jaringan dalam tubuh dan akan menimbulkan kanker yang berujung kematian. Selain itu dampak negative yang lain dapat menimbulkan polusi bagi lingkungan. Untuk mengatasi permasalahan itu, petani seharusnya menggunakan pestisida yang ramah bagi lingkungan yaitu biopestisida. Jenis pestisida ini dapat dibuat dengan menggunakan bahan yang berasal dari alam. Salah satunya ialah memanfaatkan limbah yang ada di sekitar lingkungan. Salah satu limbah yang sering ditemui ialah daun kamboja (Plumeria acuminata Ait). Menurut hasil penelitian , kandungan ekstrak daun kamboja terdapat flavonoid, saponin, alkaloid, dan polifenol, yang dapat digunakan biopestisida.


Pengolahan Air Tanah Yang Terintrusi Air Laut Menggunaka Metode Osmosis Balik


Peneliti
Syah Muhammad Al
Akbar
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMP MUHAMMADIYAH 18 SURABAYA
Abstrak

Keadaan air tanah di daerah pesisir Pantai Timur Surabaya sudah sangat tercemar. Banyak kandungan polutan dan garam yang berasal dari laut yang masuk ke dalam penyimpanan air tanah lewat proses intrusi, yaitu proses meresapnya air laut ke lapisan tanah yang notabene mengandung air yang digunakan oleh masyarakat. Sementara daerah tersebut merupakan daerah yang cukup padat, dan tidak semuanya memiliki saluran air PDAM. Dalam penelitian ini, air tanah tersebut tetap bisa dimanfaatkan oleh masyarakat melalui proses Osmosis balik


Pakan Ternak Instan dari Limbah Sayuran dan Daun Lamtoro


Peneliti
Haniifah Nur?Azizah
Nabilla Nuraeni
Pembimbing
Dra. Sri Sulaminingsih, M.Si
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMP NEGERI 26 SURABAYA
Abstrak

Mendaur ulang bahan yang sudah tak terpakai menjadi bahan yang berguna adalah salah satu kegiatan di SMPN 26 Surabaya. Yaitu pada program Adiwiyata. Pada program ini kita diwajibkan untuk mengikutinya dengan cara mendaur ulang sampah. Dari hal itulah timbul ide untuk mengelola daun lamtoro dan sayuran yang masih segar tetapi dibuang yang terdapat di pasar tradisional. Kami juga menemui masalah yang terjadi pada pakan ternak, karena pada musim kemarau pakan ternak sulit didapatkan dan ada beberapa pakan instan yang harganya cukup mahal. Dari permasalahan yang muncul, kami berusaha membuat pakan ternak instan dengan mengolah limbah sayuran dan daun lamtoro, dengan digiling. Untuk mengurangi kadar airnya, kami memerasnya dengan kain yang sudah tidak terpakai lagi. Setelah itu, ditambahkan garam, dedak, dan tepung cangkang keong mas. Terakhir, kami mencetak dan mengeringkan pakan tersebut agar mudah dalam penyimpanannya. Dari penelitian yang kami laksanakan, kami dapat menghasilkan pakan ternak instan yang berasal dari limbah sayuran dan daun lamtoro yang sudah siap untuk dikonsumsi oleh hewan ternak dengan cara memercikinya dengan air agar tekstur pakan lebih lunak.


Penemuan Energi Listrik dari Air Garam


Peneliti
Moh. Rafi Bima Adi S
M. Haidar Wijaya
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMP NEGERI 26 SURABAYA
Abstrak

Bagi masyarakat awam,air garam hanya dianggap air asin yang tidak berguna. Namun sebelum para ilmuwan yang menekuni ilmu air garam, air garam ternyata memiliki kekuatan dahsyat sebagai energi alternatif pengganti asam sulfat untuk dijadikan sumber energi listrik karena larutan garam bersifat elektrolit. Banyak penelitian menemukan berbagai alternatif untuk membuat sumber energi listrik akan tetapi ketersedian bahan-bahan pembuat energi listrik tersebut dapat habis seperti halnya energi listrik yang pada periode ini menjadi tren dalam masyarakat yaitu dari Asam sulfat. Seperti yang kita ketahui asam sulfat adalah bahan kimia yang bersifat korosif dan berbahaya. Selain itu, sumber listrik yang menggunakan asam sulfat jika sudah tidak dapat dipakai menjadi sumber pencemaran lingkungan. Karena larutan kimia ini termasuk dalam sumber pencemaran B3. Observasi,Tahap ini dilakukan dengan cara mengamati sumber listrik dengan cairan elektrolit asam sulfat, serta mencari data dari internet tentang dampak buruk asam sulfat bagi lingkungan serta mencari alternatif pengganti larutan elektrolitnya yaitu larutan garam. Penggunaan energi listrik alternatif menjadi alternatif yang bagus untuk menggantikan bahan pembangkit listrik yang tidak ramah lingkungan dan memiliki banyak resiko karena wilayah perairan indonesia sangat luas. Dengan menggunakan energi listrik alternatif dari air garam memiliki dampak lingkungan yang baik daripada menggunakan asam sulfat yang bersifat korosif dan berbahaya. Sumber Energi Listrik Alternatif Dari Air Garam/AKITERA ini adalah solusi yang baik untuk mengganti sumber energi listrik berbahan asam sulfat karena terbukti selain lebih ramah lingkungan juga mudah pembuatannya dan tidak memerlukan biaya yang besar.


Pemanfaatan Limbah Pabrik Gula Menjadi Briquette Limbah Di SMP Negeri 36 Surabaya


Peneliti
Neilly Alfiatur Rohmah
Pembimbing
Nuryanti S.Pd, M.Pd
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMP NEGERI 36 SURABAYA
Abstrak

Pemanfaatan limbah pabrik gula Pesantren Kediri menjadi bahan bakar yang berbentuk briquette.Briquette tersebut mengandung abu dan tetes tebu yang dikenal warga dengan sebutan tamte yang bercampur menjadi satu membentuk gumpalan seperti tanah berwarna kehitaman.Briquette tersebut dapat dimanfaatkan menjadi bahan bakar alternative sehingga dapat menghemat pembelian bahan bakar.


Pemanfaatan Daun Selada(Lactuca Sativa) Sebagai Pestisida Alami untuk Mortalitas Hama Spodoptera Litura


Peneliti
Gabrielle Chrysanta
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMA KRISTEN CITA HATI SURABAYA
Abstrak

Spodoptera litura adalah species hama yang sering ditemukan di kawasan Indonesia di berbagai jenis tanaman, sehingga hama ini sangat berbahaya jika tidak dieliminasi. Spodoptera litura biasanya menyerbu tanaman-tanaman pokok yang penting bagi orang-orang Indonesia seperti padi dan jagung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari insektisida alami untuk mengurangi kegagalan panen dikarenakan Spodoptera litura. Penelitian dilakukan di laboratorium Cita Hati dengan menggunakan ekstrak daun selada (Lactuca sativa) dengan konsentrasi 25%, 50%, 75% dan 100%. Perlakuan terhadap Spodoptera litura dengan Instar 1, 2 dan 3. Pengamatan dilakukan selama 5 hari dengan mengoleskan ekstrak sesuai konsentrasi, kontrol negatif dan kontrol positif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukan pengaruh yang positif dari ekstrak Lactuca sativa. Hal ini dibuktikan dengan matinya larva pada setiap konsentrasi, terutama di konsentrasi 100% sedangkan di kontrol negatif tidak ada yang mati. Kematian larva dikarenakan kandungan Capsaicin dalam daun selada yang mengakibatkan terjadinya dehidrasi dan gangguan respirasi pada larva. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa daun selada dapat digunakan sebagai isektisida alami yang tidak mengganggu ekosistem yang ada.


Investigation on Using Soybenas and Cucumber for Reducing Level of Acidity due to Acid Rain


Peneliti
Natasya Mauritania
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMA KRISTEN CITA HATI SURABAYA
Abstrak

Pemanasan Global yang terjadi telah berdampak pada terjadinya hujan asam. Hujan asam terjadi pada saat air yang terkena polusi, menguap dan menjadi siklus air. Hujan asam memberikan dampak yang sangat berbahaya bagi tanaman, yakni melemahkan, membuang nutrisi yang telah di dapatkan oleh tanaman tersebut. Kedelai dan mentimun adalah nutrisi makanan yang memiliki basa yang kuat. Oleh karena itu, penelitian ini akan digunakan untuk mengetahui apakah menggunakan kedelai dan mentimun, bisa menurunkan kadar asam pada tanaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu apakah kedelai dan mentimun dapat mengurangi kadar keasaman dalam tanaman yang disebabkan oleh hujan asam. Tujuan yang kedua adalah untuk mengetahui kombinasi apakah yang paling efektif untuk mengurangi kadas asam di dalam tanaman. Percobaan harus telah diuji dalam berbagai jenis tanaman sehingga kita bisa tahu bahwa solusi ini dapat diterapkan untuk kebanyakan tanaman. Penelitian ini membutuhkan lebih banyak waktu (sekitar 2 minggu). Oleh karena itu, tiba pada kesimpulan bahwa pH terbaik untuk tanaman untuk tumbuh adalah antara 5,5-7, dan air mentimun dan kacang kedelai dapat menjadi aditif yang baik untuk meningkatkan pH tanah.


Pemanfaatan Campuran Limbah Air Bekas Cuci Pakaian dan Mengkudu (Morinda Citrifolia) Sebagai Sumber Alternatif Energi Listrik


Peneliti
Nabila Putri K
Neshka Rizkita Tamara P.
Pembimbing
Keni Ervianti, M.Pd
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMP NEGERI 41 SURABAYA
Abstrak

Air bekas cuci pakaian (deterjen dan baju-baju kotor) merupakan limbah dari setiap rumah tangga dan pengusaha laundry. Air ini dapat menyebabkan lingkungan tercemar. Buah mengkudu merupakan buah yang bersifat asam. Pencampuran antara asam dengan basa akan menghasilkan garam dan air. Garam adalah senyawa ion yang jika berbentuk larutan maka ion-ionnya akan mampu menghantarkan listrik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Action Research yakni mencampur larutan air bekas cuci pakaian dengan mengkudu yang telah dihaluskan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa campuran air bekas cuci pakaian dan mengkudu dapat menyalakan lampu LED warna biru.


Pemanfaatan Cangkang Telur Sebagai Pakan Unggas Kaya Kalsium


Peneliti
Princesa Felicita Angelica
Maria Ulfa
Pembimbing
Dra. Titiek S, M.Si
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMP NEGERI 44 SURABAYA
Abstrak

Seringnya terjadi fluktuasi harga produksi peternakan unggas akan menciptakan kondisi yang tidak stabil. Khususnya,harga pakan ternak unggas semakin mahal, di lain pihak harga produksi peternakan unggas tidak sebanding dengan biaya produksi yang dikeluarkan untuk pembelian pakan ternak. Melihat kecendrungan demikian, maka diperlukan wawasan konstruktif, untuk menggali kreativitas dan inovatif peternak peminat usaha peternakan unggas. Khususnya,mengenal cara penyusunan pakan unggas secara terapan tanpa mengabaikan persoalan aspek teknis dan ekonomis. Demikian untuk mencari alternatif pengganti bahan baku potensial, yang tidak bersaing dengan kebutuhan manusia slama ini sudah banyak di lakukan oleh lembaga-lembaga penelitian dan perguruan tinggi Adapun masalah-masalah yang dibahas dalam penelitian ini sebagai: 1. Bagaimana cara membuat pakan unggas dari cangkang telur. 2. Apakah pakan unggas dari bahan cangkang telur dapat digunakan untuk pakan unggas yang kaya kalsium. 3. Apakah pakan uggas yang dibuat dari cangkang telur dapat meningkatkan berat unggas. Pada penelitian ini cangkang telur yang sudah diblender kemudian keringkan lalu di campur dengan dedak dengan perbandingan 1:1. Dari perbandingan tersebut di masak selama ? jam kemudian dicetak dan di jemur Setelah dilakukan uji coba di Balai Penelitian dan Konsultasi Industri Laboratorium menunjukkan hasil : Protein : 12.41%, Energi Metabolis : 286,5 kal/100 g, Karbohidrat : 48,16%, Calcium : 19,36%, dan Methion-Sistin : 2,91%


Investigation on Kiwi, Strawberries and Watermellon as a Smog Neutralizer


Peneliti
Michael Lazuardi
Pembimbing
Carolyn Roxas Rosos
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMA KRISTEN CITA HATI SURABAYA
Abstrak

Kabut asap sudah sering terjadi di kehidupan kita sehari-hari. Dalam kasus yang fatal, kabut asap dapat membunuh ribuan nyawa seperti yang terjadi di United Kingdom pada tahun 1952. Apakah ada kemungkinan kita dapat menetralkan kabut asap dan kandungan nya di udara? Dengan adanya pertanyaan ini, investigasi atas buah semangka, stroberi, dan kiwi dilakukan untuk mengetes keefektivitas nya untuk menetralkan kabut asap dan kandungan nya. Alasan kenapa semangka, stroberi, dan kiwi dipilih adalah karena ketiga buah itu memiliki kandungan air dan antioksidan yang tinggi. Meskipun percobaan ini terlihat sedeharna, percobaan ini mungkin dapat memberi pengaruh yang besar bagi lingkungan kita. Bayangkan, kandungan karbon dioksida yang dapat dinetralkan mencapai lebih dari 50%. Setelah ditambahkan jus, kandungan oksigen pun meningkat. Ini sangat bagus karena mungkin percobaan ini dapat menyelamatkan ribuan bahkan jutaan nyawa dan ini membuat udara di sekitar kita semakin sehat untuk dihirup.


Menelisik Gejala Nomophobia di Kalangan Remaja di Sekolah Wijaya Putra Surabaya


Peneliti
Josephine Cindy Prisilla
Pembimbing
Wahidah RN, S.Pd
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMA WIJAYA PUTRA SURABAYA
Abstrak

This research is backgrounded by the effect of smartphones on social interactions among teenagers. Sophistication of smartphones make teens can?t stay away from their smartphones for a long time. The purpose of this research is to describe the symptoms of nomophia among teenagers at Wijaya Putra School by doing a survey to 100 respondents. This research have benefits for to the related institutions and for the researcher. Problem formulations of this research are about describing nomophobia symptoms among teenagers and the effects of nomophobia to their social interaction. The operational definitions part contains of the keywords of this research such as definition of phobia, deifinition of nomophobia, definition of symptoms, and the symptoms of nomophobia. The literature are about social change, social interaction, operational definition and the previous research about nomophobia. Social change part contains of definition, factors that affects social change, forms of social change, and social change effects. Social interaction part contains of definition and terms of social interactions. The last part of this chapter contains of previous research that explain about the respondents and results of the research


Pemanfaatan Limbah Kertas Sebagai Pupuk Organik


Peneliti
Hafizh Al-Ghifari Manaf
Pembimbing
Dra. Tatik, M.Pd
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMA NEGERI 5 SURABAYA
Abstrak

Karya Ilmiah Remaja ini, membahas tentang penggunaan sampah kertas dalam pembuatan pupuk untuk tanaman. Di sini, yang menjadi poin utama pembahasan adalah bisa atau tidaknya kertas menjadi pupuk, dan apa peran kertas tersebut. Penulis juga ingin mengetahui bagaimana pemanfaatan limbah kertas sebagai pupuk organik dan kertas jenis apa yang paling baik untuk menjadi pupuk. Kertas berbahan dasar selulosa, sedangkan selulosa mengandung CHO yang merupakan unsur utama dalam tanaman. Dengan pemanfaatan kertas sebagai pupuk, bisa dikatakan sebagai penyeimbang, di saat pohon dipotong untuk membuat kertas, di waktu lain, kertas membantu kesuburan tanaman lain, sehingga, bisa menyeimbangkan kondisi alam. Dalam karya ilmiah ini terdapat 2 metode penelitian, yang pertama dengan eksperimen dan yang kedua dengan studi pustaka. Dalam eksperimen, penulis akan membuat beberapa jenis pupuk kertas lalu membandingkan mana yang lebih baik menjadi pupuk organik. Mula ? mula, dalam tahapan penggunaan kertas menjadi pupuk organik adalah dicacah, hal ini berguna untuk mempercepat proses pembuatan pupuk. Kertas juga akan dicampur dengan daun ? daunan, kotoran hewan herbivora, pupuk cair, dan lain ? lain. Dalam hasil metode ke-2, dapat disimpulkan bahwa kertas dapat menjadi pupuk organik untuk pertumbuhan tanaman. Bahan CHO dalam kertas adalah pendukung utama untuk menjadi pupuk organik.


Pembaharuan Sistem Ruang Terbuka Hijau di SMA Negeri 14 Surabaya dengan Peninjauan dari Beberapa Sekolah di Surabaya serta Bagaimana Memanfaatakan Tumbuhan Menjadi Produk yang Bernilai Jual


Peneliti
Dina Asviana
Nisar Rafii Ananta M.
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMA NEGERI 14 SURABAYA
Abstrak

Ruang Terbuka Hijau yang ada di SMA Negeri 14 Surabaya sudah tertata rapih dan hijau, tapi entah mengapa banyak yang tidak puas dengan kondisi yang ada. Melihat sekolah lain yang Ruang Terbuka Hijaunya baik, kami ingin menjadikan sekolah kami tidak jauh beda dengan sekolah lain. Dengan rasa ingin memperbaiki dan memperbaharui sistemnya, akhirnya kami meninjau dari beberapa sekolah yang ada di Surabaya. Kami mendatangi beberapa sekolah yang sistem Ruang Terbuka Hijaunya baik. Kami berkeliling dan melihat lihat bagaimana bisa menciptakan Ruang Terbuka Hijau yang baik. Akhirnya kami menghasilkan sebuah kesepakatan yaitu memperbaiki sistem Ruang Terbuka Hijau dengan buah ide pembaharuan dari sekolah lain. Artinya kami ingin membuat sesuatu yang berbeda dari sekolah lain. Akhirnya kami semua ingin memanfaatkan tumbuhan menjadi produk yang bernilai jual. Dengan adanya pelajaran prakarya kami dapat menyalurkan ide tersebut. Sehingga SMA Negeri 14 Surabaya membutuhkan beberapa referensi baru untuk menghidupkan suasana Ruang Terbuka Hijau agar efektefitas pembelajaran terhadap siswa berlangsung dengan baik karena Ruang Terbuka Hijau itu sendiri memiliki dampak yang begitu besar bagi psikologis siswa. Disamping itu banyak tanaman tanaman di lingkungan SMAN 14 Surabaya yang sebenarnya bisa diolah menjadi produk yang mempunyai nilai jual, malah dibiarkan begitu saja. Selain membahas pembaharuan RTH pada sekolah kami, kami juga ingin mengajak para siswa siswi sekolah untuk berpartisipasi dalam program kita untuk berinovasi menciptakan produk baru melalui media tanaman agar siswa siswi menjadi lebih kreatif dan mempunyai gambaran bagaimana menciptakan produk baru serta gambaran bagaimana bisnis itu.. Kreatifitas memanglah tiada batasnya


Efektifitas Buah Bintaro Sebagai Toksin Hama


Peneliti
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMA NEGERI 13 SURABAYA
Abstrak

the botanical world, there are many resistor in growing plant, one of them is pest. pest is one of main resistor of growing plant. the solution of this problem is Bintaro's fruit. Bintaro's fruit have high cerberine toxic. with pure procedure from Bintaro's fruit into innovative product is the best ways to kill pest in house, include for plant. Method of research that used in this research are experiments. subject that we used in this research are 40 red ants. with 40 red ants, the purpose of this research is to know the effectivity of Bintaro's fruit for pesticide. in this research, the pest is pest that live around house and botanical world.


Identifikasi Alkohol dan Keasaman Minuman Bersoda di Lingkungan SMP Negeri 7 Surabaya


Peneliti
Debruary Mutiara P.
Berliana Febriani
Pembimbing
Munasri, S.Pd. MM
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMP NEGERI 7 SURABAYA
Abstrak

Karya Ilmiah ini dilatar belakangi karena seringnya peneliti melihat bahwa banyak orang-orang disekelilingnya baik teman, saudara atau masyarakat secara luas sangat menyukai minuman bersoda. Minuman bersoda sudah menjadi minuman sehari-hari dan bahkan peneliti juga menjumpai anak-anak sudah mengkomsumsi minuman yang bersoda. Berdasarkan angket yang disebar peneliti menemukan bahwa 85 % dari responden lebih senang minuman bersoda karena rasa dari minuman bersoda tersebut menimbulkan sensasi rasa yang unik dan 93 % merasakan stamina tubuhnya bertambah dan menyegarkan. Akan tetapi dalam mengkomsumsi minuman tersebut masyarakat tidak mempertimbangkan bahaya atau pengaruh yang akan ditimbulkan, dan mereka masih belum tahu kandungan minuman bersoda dan juga masih belum paham tentang kegunaan minuman bersoda. Oleh karena itu peneliti merasa tergugah untuk meng identifikasi kandungan minuman bersoda yang dijual di SMP Negeri 7 Surabaya terutama meneliti apakah ada kandungan alkohol dlam minuman tersebut dan stingkat keasaman minuman bersoda. Harapannya karya ilmiah ini dapat menjadi referensi bagi masyarakat tentang pengaruh minuman bersoda bagi tubuh terutama warga SMP N egeri 7 Surabaya. Dengan memahami pengaruh minuman bersoda bagi tubuh maka harapannya dapat menjadi masukan dan pertimbangan bagi masyarakat dalam mengkonsumsi minuman bersoda.


Pupuk Bio Organik yang Luar Biasa


Peneliti
Farid Ismail
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMA PGRI III
Abstrak

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat dan berkembangnya ilmu teknology pada zaman sekarang manusia menganggap semuanya serba praktis dan mudah di gunakan dan tidak melihat dampaknya. Dengan adanya Pupuk Bio Organik yang sangat bagus untuk pertumbuhan tanaman di banding pupuk-pupuk biasa tanpa perlu menunggu lama. Dengan ini penulis akan memperkenalkan hasil rancangan pupuk Bio Organik yang telah di bikinnya.


Briket Kunyit Sebagai Bahan Bakar Alternatif Penggantik Minyak, Solusi Untuk Dampak Kenaikan BBM


Peneliti
Nabila Naura Nugroho
Pembimbing
Arifa Pranoto, S.Pd
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMA IPIEMS SURABAYA
Abstrak

Hampir satu tahun lamanya harga bahan bakar minyak mengalami kenaikan, terhitung sejak Juni 2013 lalu pemerintah telah menetapkan harga premium sebesar Rp 6.500 dan solar Rp 5.500 per liter. Alasan pemerintah Indonesia menaikkan harga BBM setahun kemarin untuk menyelamatkan dan menyehatkan perekonomian. Dampak kenaikan BBM salah satunya adalah melambungnya harga bahan pokok. Harga jual harga bahan pokok langsung melambung tinggi, akibatnya daya beli masyarakat berkurang. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mencari dan menggantikan BBM dengan sumber energi alternatif. Salah satu sumber energi alternatif yang bisa dimanfaatkan adalah briket. Jenis-jenis briket sangat banyak, mulai dari briket kayu, batok kelapa, hingga briket yang berasal dari limbah produksi kunyit asam. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui cara mengubah sampah organik sisa produksi kunyit asam menjadi bahan bakar alternatif pengganti minyak dan untuk mengetahui apakah kualitas briket kunyit asam lebih baik dibandingkan bahan bakar alternatif lain yaitu arang kayu dan arang batok kelapa. Penelitian ini adalah peneletian eksperimen yaitu mengubah limbah atau sampah sisa produksi kunyit asam menjadi briket dan pengujian 3 bahan bakar alternatif yaitu arang kayu, arang batok kelapa, dan briket kunyit asam. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa briket yang terbuat dari limbah kunyit asam sangat efektif dan bagus digunakan untuk menggantikan BBM, hal ini dapat dilihat bahwa ketika digunakan untuk memasak air tercatat waktu yang digunakan untuk mendidihkan air adalah 4 menit dengan suhu 98oC sedangkan bahan bakar alternatif lain yaitu arang kayu dan arang batok kelapa ketika digunakan untuk memasak air masing-masing memerlukan waktu 6 menit dan 8 menit serta suhu 94oC dan 91oC.


Upaya Menyelamatkan Kualitas dan Kuantitas Air Bersih untuk Masa Depan


Peneliti
Rahmawati Adita
RR. Wike Wahyu Aprilia
Pembimbing
Arifa Pranoto, S.Pd
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMA IPIEMS SURABAYA
Abstrak

Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam yang terdiri dari komponen-komponen abiotik dan biotik yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, seperti air yang merupakan sumber kehidupan dan kebutuhan utama bagi manusia. Masalah pencemaran air sungai di Surabaya ini selalu dikaitkan dengan limbah industri dan limbah rumah tangga yang penduduknya tinggal di sepanjang atau di sekitar sungai di Surabaya, seperti detergen, tinja, dan limbah anorganik. Berdasarkan penelitian Dinas Kesehatan dan pihak Universitas, kualitas air bersih dan air minum di berbagai kota di Indonesia, khusus di Jakarta dan Surabaya adalah dua kota dengan kualitas air minum dan air bersih terendah dibanding kota -kota lain di Indonesia. Banyak lahan hijau yang rindang dan luas dimusnahkan hanya untuk membangun gedung-gedung perkantoran, mal, dan gedung-gedung lainnya. Akibatnya kuantitas air tanah yang ada di Surabaya kemungkinan berkurang semakin besar. Padahal kebutuhan manusia akan air semakin meningkat per tahunnya. Untuk mengatasi kekurangan air di masa depan proses destilasi sangatlah tepat untuk mengatasinya dengan menggunakan alat yang murah dan mudah didapatkan dalam kehidupan sehari-hari untuk distilasi sederhana di rumah.


Sabut Kelapa Sebagai Penyerap Panas Pada Alas Laptop


Peneliti
Devi Nanda Rahma Putri
Diva Nanda Ayana
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMP NEGERI 12 SURABAYA
Abstrak

Sabut merupakan bagian mesokrap ( selimut ) yang berupa serat-serat kasar kelapa. Secara tradisional kami ingin meneliti apakah sabut kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan penyerap panas. Seiring berkembangnya teknologi, kini telah hadir banyak teknologi modern, salah satunya adalah laptop. Laptop dapat memudahkan pekerjaan manusia. Namun lamanya menggunakan laptop dapat menimbulkan panas pada laptop tersebut. Tujuan dari penelitian kami adalah untuk mengetahui apakah sabut kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan penyerap panas. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan membandingkan suhu laptop yang menggunakan alas dengan bahan pelengkap sabut kelapa dan suhu laptop yang menggunakan alas berbahan dasar spon. Dari hasil penelitian diperoleh laptop yang menggunakan alas sabut kelapa memiliki selisih kenaikan suhu yang lebih kecil dari pada laptop yang menggunakan alas berbahan dasar spon. Ternyata sabut kelapa dapat dijadikan sebagai bahan pengisi alas laptop yang dapat mengurangi panas pada laptop.


Pemanfaatan Lahan Kosong di SMPN 39 Surabaya Sebagai Upaya Mengurangi Polusi Udara


Peneliti
Rahmi Nurfaizah
Aprilia Syntia Dewi
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMP NEGERI 39 SURABAYA
Abstrak

Penelitian ini dillakukan di SMPN 39 Surabaya dengan subyek penelitian adalah lingkungan lokasi SMPN 39 Surabaya. Kegiatan yang dilakukan di SMPN 39 Surabaya untuk mengurangi polusi udara adalah Melakukan reboisasi atau penanaman tumbuhan, Setiap siswa membawa tanaman satu orang satu tanaman. Seperti motto ( 1 Jiwa 1 Pohon ), Mengurangi pembakaran daun-daun yang kering , Melaksanankan kegiatan ekstrakulikuler LH (Lingkungan Hidup) untuk memantau murid-murid agar peduli terhadap lingkungan halaman sekolah. Dengan kita memanfaatkan lahan-lahan yang masih kosong, kita ikut serta dalam hal mengurangi polusi udara di sekolah untuk bisa belajar lebih nyaman, tentram, dan juga menjadikan sekolah lebih asri. Kalau sudah melakukan penanaman pohon jangan lupa untuk merawatnya agar pohon tersebut tidak punah.


Bahaya Penggunaan Stereofoam Sebagai Wadah Makanan Panas pada Siswa di Kantin SMPN 29 Surabaya


Peneliti
Ram Ratu Raisa Tanjung
Laurentia Diva Putri A.
Pembimbing
Rizky Eka Sari, S.Pd
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMP NEGERI 29 SURABAYA
Abstrak

Styrofoam merupakan plastik yang sering digunakan sebagai wadah makanan. Styrofoam juga dipilih karena sangat praktis dan murah. Namun, dibalik keuntungan tersebut, banyak pengaruh buruk yang ditimbulkan dari zat styrofoam tersebut. Peneliti melakukan penelitian untuk membuktikan adanya pelarutan zat styrofoam pada makanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa zat yang ada pada styrofoam akan terlarut pada makanan panas yang diletakkan di dalamnya


Manfaat Tempurung Kelapa Sebagai Penyerap Panas Suhu Ruangan


Peneliti
Erina Arista Wati
Reinka Sekar W.S.
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMP NEGERI 12 SURABAYA
Abstrak

Tempurung kelapa sebagai sisa pengolahan buah kelapa mempunyai karakter yang unik, antara lain kuat, keras, bersifat lengkung dan bisa menyerap panas. Potensi dan sifat tempurung kelapa tersebut menyebabkan tempurung kelapa dapat dimanfaatkan sebagai penyerap panas / suhu ruangan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh manakah tempurung kelapa bisa menyerap panas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini eksperimental karakteristik/ sifat tempurung kelapa sebagai penyerap panas. Dalam penelitian ini dilakukan dua perlakuan yang berbeda yaitu yang pertama untuk mengetahui penurunan suhu setelah pada kuali yang berisi pecahan tempurung kelapa dan yang tidak berisi pecahan tempurung kelapa. Perlakuan yang kedua adalah untuk mengetahui kenaikan suhu antara kuali yang berisi pecahan tempurung kelapa dan yang tidak berisi pecahan tempurung kelapa. Berdasarkan hasil penelitian, kuali yang berisi pecahan tempurung kelapa lebih cepat mengalami penurunan suhu (lebih cepat dingin) dan kuali yang berisi pecahan tempurung kelapa tetap dingin (suhu dalam kuali tidak terlalu panas) dibandingkan dengan yang tidak berisi pecahan tempurung kelapa.


SMART WATER HOSE : Selang Air dengan Filter Zeolit dan Serabut Kelapa dengan Pemanfaatan Air Sungai Surabaya


Peneliti
Esther Jessica
Pembimbing
Azisya Amalia Karimasari, ST
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMP NEGERI 3 SURABAYA
Abstrak

Kami memiliki inovasi untuk menjernihkan air yang ada di sungai-sungai yang ada di Surabaya. Cara yang kami gunakan adalah menjerihkan air dengan zeolit dan sabut kelapa. Kami akan membuat sebuah alat yang dapat menyaring air dengan zeolit dan sabut kelapa yang akan di tampung dalam wadah tersendiri. Air dalam wadah tersebut akan dialirkan ke tangki penampungan air yang akan menyirami tanaman secara merata dengan biaya yang tidak terlalu besar. Maka dari itu air yang tercemar pun dapat digunakan secara maksimal dibandingkan sebelumnya. Alat tersebut adalah Smart Water Hose yang merupakan selang dengan filter pelengkap yang mampu menjernihkan air sungai sehingga dapat digunakan untuk menyirami tumbuhan


CAKE KUPIS : Pemanfaatan Limbah Cangkang Kerang dan Kulit Pisang sebagai Pakan Ternak


Peneliti
Halimun Bahara Zain
Aqsyal Syahroni
Pembimbing
Azisya Amalia Karimasari, ST
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMP NEGERI 3 SURABAYA
Abstrak

Melihat potensi dan karakteristik dari limbah kerang darah, hal tersebut berpotensi untuk dijadikan bahan ternak dengan tambahan kulit pisang, yang diberi nama CAKE KUPIS. Sehingga, Selain mampu mereduksi timbunan limbah, upaya ini juga dapat meningkatkan nilai guna dari limbah cangkang kerang di wilayah pesisir. Diharapkan hal ini dapat memicu usaha perekonomian di masyarakat yang berujung pada peningkatan kondisi ekonomi masyarakat melalui pemanfaatan kembali limbah di wilayah pesisir.


Pemanfaatan Abu Batu Bara dan Lumpur Sungai untuk Pembuatan Batu Bata


Peneliti
Ulfy Cahya Fibrianti
Dellia Ayu Arif Putri
Pembimbing
Khoirul Anam, S.Si
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMA WIJAYA PUTRA SURABAYA
Abstrak

Telah dilakukan penelitian terhadap abu batubara hasil dari limbah pabrik PT Pakerin di Mojokerto yang dalam kondisi aslinya terdiri atas 2 bagian yaitu abu terbang ( fly ash ) dan abu dasar ( bottom ash ) dan kategori limbah B3 ( Bahan Beracun dan Berbahaya ) bagi tanah, air maupun udara. Abu ini jumlahnya sangat melimpah dan sejauh ini kurang dimanfaatkan secara optimal dan dibuang secara percuma di lingkungan sebagai urug bagi anah yang posisinya rendah (pembangunan perumahan) sehingga kondisi ini akan mematkan unsure hara tanah dan dalam ratusan tahun baru bisa dinetralisir karena unsure terbesarnya berupa logam Merkuri ( Hg ) yang tergolong B3. Sehingga perlu adanya tindakan penelitian yang sangat diharapkan bisa mengolah limbah ini dan bernilai ekonomis. Disatu sisi banyak DAS ( Daerah Aliran Sungai) mengalami pendangkalan akibat melimpahnya lumpur sungai sehingga kondisi ini sering menyebabkan adanya banjir saat penghujan sehingga kedua bahan ini lumpur dan abu batu bara perlu penangganan serius. Berdasarkan penelitian dan referensi pustaka dalam penelitian ini kondisi lumpur sungai merupakan tanah muda (ikatan partikelnya masih lemah) dan abu batu bara punya sifat absorsi kuat dan tahan api pada suhu yang tinggi ( tahan bakar) sehingga kedua bahan ini bisa dijadikan bahan satu olahan yang bermanfaat yakni batu bata.


Pemanfaatan Daun Trembesi Sebagai Pemasak Buah yang Alami


Peneliti
Habib Windiansyah P. R.
Nabil Aldebarant
Pembimbing
Khoirul Anam, S.Si
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMP WIJAYA PUTRA SURABAYA
Abstrak

Perkembangan jumlah penduduk yang sangat pesat, menjadikan tingkat konsumsi terhadap kebutuhan pokok dan buah-buahan semakin tinggi. Banyak kondisi buah yang belum masak dari pohon terpaksa diambil dan dimasakkan secara manual umumnya menggunakan bahan karbit dan perlakuan lainnya.. Seperti pohon lain, pohon trembesi juga menghasilkan sampah organic berupa daun kering. Masyarakat hanya membuangnya karena berpikir tidak terdapat manfaat pada daun tersebut. Berdasarkan literatur daun trembesi mengandung Zat Asetilena sehingga menyebabkan Trembesi mudah untuk dibakar. Zat Asetilena juga ditemukan dalam Karbit, bahan untuk pemasak buah yang sering digunakan masyarakat. Pada penelitian ini digunakan tiga pisang dari jenis pisang kapok. Karena jenis pisang sangat mudah diamati perbedaan, warna yang baik kulit, antara tua dan muda, serta rasa dapat diidentifikasi dengan mudah. Pisang A diberi karbit, Pisang B diberi daun pisang kering, dan pisang C diberi daun trembesi dan disimpan di kotak kardus, dibiarkan untuk selama semalam. Diharapkan dengan tiga variabel tersebut nantinya dapat dibandingkan dengan tingkat pematangan buah yang dihasilkan.


Pemanfaatan Ekstrak Sabut Kelapa(Cocos Nucifera L) Sebagai Antioksidan Alami pada Ikan Bandeng di Daerah Tambak Benowo Surabaya Barat


Peneliti
Sofia Sari
Lusi Anjani
Pembimbing
Khoirul Anam, S.Si
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMP WIJAYA PUTRA SURABAYA
Abstrak

Telah dilakukan penelitian menggunakan metode ekstraksi dari ekstraksi dari sabut kelapa dengan proses awal sabut kelapa muda ditimbang seberat 200 gram, kemudian ditambahkan air dengan perbandingan 1 : 3 dalam arti 200 gram sabut kelapa ditambah 600 ml air, selanjutnya direbus sampai kurang lebih airnya tinggal 400 ml dan disaring dengan saringan teh sedikit demi sedikit sambil sesekali diperas ampasnya agar seluruh filtrat dapat terambil. Kulit kelapa muda terlebih dahulu diiris-iris dimaksudkan untuk mendapatkan hasil ekstrak yang optimal, dan selanjutnya di rebus. Hipotesa awal dari penelitian ini bahwa berdasarkan studi literatur ekstraksi dari sabut kelapa mengandung bahan fenol dan asam asetat tinggi yang bisa menghambat proses oksidasi atau pembusukan pada daging ikan. Selanjutnya dari hasil ekstraksi ini akan digunakan untuk perlakuan terhadap sampel yakni daging ikan bandeng. Untuk selanjutnya selang beberapa hari ( 3 hari ) sampel tersebut diamati dan dibandingkan dengan mengamati kondisi fisiknya. Metode pengujian ini tergolong sederhana namun dari metode analisa sederhana ini, kami bisa membuktikan dari manfaat ekstraksi dari sabut kelapa ini memiliki kemampuan untuk menetralisir bakteri penyebab proses pembusukan. Berdasarkan pengamatan dan uji yang kami lakukan di laboratorium membuktikan bahwa ekstraksi dari sabut kelapa mempunyai sifat dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Terbukti pada sampel yang diberikan ekstrak ini, setelah dimasukkan dalam cawan petri mengalami penyimpanan 3 hari dalam suhu kamar 25oC.


Sistem Membran Abu Sekam Sebagai Pengikat Polutan Air


Peneliti
Farida Normaily H.
Windawati
Pembimbing
Khoirul Anam, S.Si
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMA WIJAYA PUTRA SURABAYA
Abstrak

Telah dilakukan penelitian terhadap kualitas air tanah dari daerah Benowo Surabaya Barat, yang air tanahnya terkontaminasi limbah pabrik, dan rumah tangga karena lokasinya dekat dengan pabrik cat dan padat pemukiman. Disamping itu kualitas dari air PDAM yang mengalir kedaerah Benowo terkadang berwarna agak keruh yang disebabkan dari sistem aliran pendistribusian dari PDAM Karang Pilang terkadang tercemar lumpur, khususnya dimusim penghujan. Dengan melihat kondisi tersebut, sehingga sangat diperlukan metode khusus untuk mengolah air tersebut untuk bisa dikonsumsi. Umumnya sistem penyaringan ini mengalami kelemahan dari segi kemampuan untuk menyaringnya hanya bertahan beberapa hari setelah itu hasil saringan air terkadang tidak sesuai dengan harapan. Berawal dari banyaknya limbah hasil pembakaran yang terdapat di Kota Mojoagung tepatnya di Dusun Bendorangkang Desa Tanggalrejo dan berdasarkan studi literatur dari kemampuan abu hasil pembakaran dari sekam atau abu gosok memiliki daya serap tinggi karena banyak mengandung karbon, maka kami memanfaatkannya sebagai bahan dari pembuatan sistem penyaringan air pola bertingkat. Sekaligus penelitian ini sebagai langkah yang diambil dengan memanfaatkan pola Reuse dan Reduce ( memanfaatkan kembali dan mengurangi keberadaan limbah ) dari abu gosok yang merupakan bahan limbah dari hasil pembakaran. Berdasarkan hasil uji coba yang kami lakukan, didapat bahwa abu gosok yang biasanya digunakan sebagai pembersih peralatan rumah tangga bisa dimanfaatkan sebagai pengikat polutan air. Dengan judul penelitian Sistem Membran Abu Sekam sebagai Pengikat Polutan Air, membuktikan bahwa abu sekam bisa dimanfaatkan sebagai penjernih air yang saat ini banyak dibutuhkan oleh masyarakat karena kondisi air PDAM terkadang mengalami kemacetan dan keruh.


Eceng Gondok (Eichornia Crassipes) Sebagai Penjernih Air


Peneliti
Annas Nuril Iman
Bilal Cahya Satiawan
Pembimbing
Budi Santoso, M.Pd Dra. Moertiningsing
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMA NEGERI 21 SURABAYA
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa eceng gondok dapat menjernihkan air. Air di indonesia juga semakin banyak yang tercemar.dan lagi tanaman eceng gondok yang selama ini hanya dianggap sebagai gulma (hama) kini bisa kita manfaatkan sebagai penjernih air yang layak untuk dipakai. Pada penelitian ini didapatkan hasil bahwa eceng gondok bisa kita manfaatkan sebagai penjernih air. Dan respon akan hasil dari penelitian ini sangat bagus.


Toolbox Motor sebagai Inkubator Pembuatan Tempe


Peneliti
Daniel Shallom Santoso
Muhammad Reza A. R.
Pembimbing
Evina Utari, S.Pd
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMP NEGERI 12 SURABAYA
Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh suhu toolbox motor sebagai inkubator dalam mempercepat laju fermentasi tempe. Manfaat dari penelitian ini adalah salah satu inkubator alternatif yang bermanfaat mempercepat laju fermentasi tempe kedelai. Rancangan eksperimental dengan 3 kali ulangan fermentasi tempe di toolbox dengan suhu 31o- 33oC dan 3 kali ulangan tempe di biarkan tumbuh miseliumnya di suhu kamar 30o C. Faktor-faktor dalam penelitian ini terdiri dari suhu inkubasi, konsentrasi ragi, jumlah lubang pada packing plastik, jenis kedelai, dan jenis ragi. Uji organoleptik yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode uji peringkat dengan parameter yang warna, rasa, tekstur dan rasa. Hasilnya fermentasi di toolbox motor sebagai inkubator lebih cepat laju fermentasi sampai 10 jam dibanding dengan di suhu kamar selama 36 jam lama fermentasinya


Upaya Pengentasan PSK Moroseneng Melalui Pembekalan Keterampilan Kemandirian dengan Memanfaatkan Potensi Lokal Yakni Aneka Olahan Bandeng


Peneliti
Maulvi Marsella Devi
Dewi Novensia Lestari
Pembimbing
Khoirul Anam, S.Si
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMA WIJAYA PUTRA SURABAYA
Abstrak

Pemerintah kota surabaya yang saat ini di pimpin oleh Ibu Tri Risma Harini sudah mengambil langkah nyata untuk melakukan penutupan semua lokalisasi yang ada di wilayah kota Surabaya demi menjaga dan menjamin masadepan para pemuda di wilayah kota Surabaya. Berdasarkan fenomena tersebut di atas maka kami mengambil langkah nyata yaitu memberikan pelatihan tentang berbagai macam cara untuk mengolah ikan bandeng. Yang di harapkan dengan di adakannya pelatihan yang di kelola secara optimal dan terorganisir siswa dapat memberikan peran bagi masyarakat di sekitarnya dimana pada akhirnya nanti akan menuju pada peningkatan taraf hidup serta kesejahteraan jangka panjang yang mandiri dan terarah. Dari hasil penolahan bandeng tersebut menjadi aneka olahan makanan dari bandeng, akan tercipta lapangan pekerjaan dan membuat petani ikan bandeng pun memiliki pembeli yang tetap.


Tabletized Lemon Grass as Mosquito Wriggler Eradicator


Peneliti
Ilham Anugra wijaya
Deyminico Senjaya
Pembimbing
Efren V. De La Cruz, MAEd
Penghargaan
Bidang
ENVIRONMENTAL SCIENCE
Asal Sekolah
SMA YPPI 1 SURABAYA Jl. Dharmahusada Indah Barat V
Abstrak

Insecticides are substance used to kill, repel, control or exterminate mosquitoes that are considered to be pests and vector of diseases. Many of these products cause threat to peoples? health as well as the destructive impact to the environment. Mosquito eradication has been a long problem of many people all over the world but it seemed that this is a never unending quest. Aerial application of mosquito spraying endangers peoples? health. The chemical composition of these sprays harmfully affects the human system even at low exposure levels. On the other hand, these sprays will add up to environmental problems like air pollution and it add up to the widening of the hole of the ozone layer. The Aedes mosquito bite can be deadly and may lead to death. According to the report of Apriadi Gunawan (The Jakarta Post, Sat, June 16 2012), the Health Ministry of Indonesia announced last June 15, 2012 that the number of dengue fever outbreaks in Indonesia over the last several years was the largest in the ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) region. But the latest statistics, the rate of dengue fever epidemic which spread by the mosquito Aedes aegypti, had fallen in general during the last two years. This is because of the continued deepened public awareness and the joint and regular efforts of the people in campaigning of combating dengue. With all the information above, the student researchers decided to come up with this study to utilized natural plant material in eradicating the occurrence of problems on mosquitoes and environmental pollution.


Pemanfaatan Biji Pinang Sebagai Alternatif Pasta Gigi


Peneliti
Olivviani Widya S.N.
Kartika Dwi Hapsari
Pembimbing
Budi Santoso, M.Pd
Penghargaan
Bidang
LIFE SCIENCE
Asal Sekolah
SMA NEGERI 21 SURABAYA
Abstrak

Penelitian ini bertujuan sebagai alternatif pemutihan gigi yang mudah di dapat, mudah di buat dan ekonomis. Subjek penelitian ini adalah cangkang telur. Data di analisis secara langsung dengan mencoba biji pinang yang telah di olah menjadi pasta, cangkang telur pertama menggunakan pasta gigi biji pinang non baking soda, dan cangkang telur kedua menggunakan pasta gigi biji pinang dengan baking soda.


Bedak Aromatherapy (Kulit Sawo dan Beras) Sebagai Solusi Untuk Membantu Proses Peremajaan Kulit pada Remaja


Peneliti
Sarah Diandra De Neyra
Tiara Sri Dewi
Pembimbing
Ismukaca, S.Pd, M.M Hj. Ulwiyah, S.Pd
Penghargaan
Bidang
LIFE SCIENCE
Asal Sekolah
SMP NEGERI 18 SURABAYA
Abstrak

Bedak banyak tersebar di seluruh pasar. Di kalangan masyarakat, bedak sebagai alat kecantikan yang utama. Bedak akan membuat lebih percaya diri pada seorang wanita. Sudah tidak asing lagi, bedak yang beredar di pasar mengandung bahan kimia bila digunakan bagi seseorang yang kulitnya sensitif akan mengakibatkan kerusakan pada kulit atau bahkan bisa mengakibatkan kanker kulit, gatal-gatal, kusam, dan iritasi. Pada gambaran di atas, penulis ingin melakukan penelitian dengan membuat bedak dari bahan dasar kulit sawo dan beras. Kulit sawo dipilih karena mengandung kolagen, vitamin A, vitamin C dan vitamin E untuk membantu proses peremajaan kulit. Sedangkan beras dipilih karena juga mengandung vitamin A, C, dan E yang diperlukan kulit terutama wajah.


Pemanfaatan Batu Koral Sebagai Bedak Aromatheraphy untuk Peremajaan Kulit Wajah


Peneliti
Ira Juliana
Winda Ayu Aprilia B.
Pembimbing
Ismukaca, S.Pd, M.M Hj. Ulwiyah, S.Pd
Penghargaan
Bidang
LIFE SCIENCE
Asal Sekolah
SMP NEGERI 18 SURABAYA
Abstrak

Bedak sudah tidak asing lagi, karena bedak sudah tersebar di berbagai pasar, mulai dari pasar tradisional sampai pasar modern. Hal ini adanya masyarakat sering menggunakan bedak sebagai bahan kosmetik wajah. Sementara bedak yang beredar di kalangan masyarakat kebanyakan terbuat dari bahan kimia. seiring dengan harga bedak yang mahal yang tentunya digunakan sebagai bahan kosmetik yang bisa membuat para pengguna menjadi enggan untuk membeli. Di sisi lain bedak yang beredar sebagai banyak berbahan baku bahan kimia. Dari gambaran diatas, maka penulis ingin membuat sesuatu karya ilmiah yang berupa bedak yang berbahan batu koral. Batu koral dipilih banyak mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E dan kolagen.


Investigation on the Purity and Quality of Water in Indonesia


Peneliti
Kevin Zefanya Pranatha
Carolyn Roxas Rosos
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
LIFE SCIENCE
Asal Sekolah
SMA KRISTEN CITA HATI SURABAYA
Abstrak

Air adalah salah satu komponen yang penting bagi makhluk hidup. Dalam tubuh manusia, 70% dari seluruh tubuh adalah air. Air memiliki beberapa fungsi bagi manusia. Fungsi tersebut antara lain mengontrol suhu tubuh, sebagai media untuk mengeluarkan zat-zat berbahaya dalam tubuh, sebagai lubrikasi di sendi-sendi dalam tubuh manusia, dan membantu dalam proses pencernaan makanan, yang dapat dari adanya air liur dalam mulut kita. Empat puluh persen sungai dan 46% danau di Amerika dapat dikategorikan tercemar dan tidak mendukung kehidupan akuatik, berenang dan memancing, dan sekitar 700 juta orang di seluruh dunia masih meminum air yang terkontaminasi. Pertanyaan yang hendak saya cari tahu dari riset ini adalah manakah sampel air yang terbaik dan sesuai untuk digunakan dan dikonsumsi manusia dan makhluk hidup dalam kehidupan sehari-hari. Dari hasil yang ditemukan setelah saya melakukan riset, Saya dapat menyimpulkan bahwa air mineral, air distilasi, dan air beroksigen adalah air yang paling sesuai untuk di konsumsi oleh manusia untuk kehidupan sehari-hari. Air yang tidak layak untuk dikonsumsi untuk sehari-hari adalah air laut, air hujan dan air beralkali karena mereka memiliki pH yang tidak sesuai, dan banyak sekali mineral yang terkandung didalamnya.


Investigation on the Effectiveness of Different Kind of Antacid


Peneliti
Evelyn
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
LIFE SCIENCE
Asal Sekolah
SMA KRISTEN CITA HATI SURABAYA
Abstrak

Antasida adalah zat yang menetralkan keasaman dalam lambung. Antasida adalah golongan obat yang digunakan dalam terapi terhadap akibat yang ditimbulkan oleh asam yang diproduksi oleh lambung. Pertama, ukurlah pH setiap antasida, dan kemudian isilah setiap gelas dengan 200ml air. Gunakkan spidol dan label keempat gelas Kalium Hidroksida, Mylanta, Promaag dan Strocain. Kemudian, dosis yang dianjurkan dari 4 jenis antasida dicampur bersama-sama dengan air dalam gelas masing-masing, nama sesuai dengan merek. Tablet antasid dihancurkan terlebih dahulu menggunakan mangkuk dan alu sebelum mencampurnya dengan air. Bentuk cair antacid yang dibagikan menggunakan sendok ukur. Tambahkan setetes fenolftalein di setiap gelas yang berisi campuran antasida. Kemudian, tuanglah 40ml asam klorida ke dalam buret. Tempatkan buret ditempatkan di atas gelas berlabel kalium hidroksida. Asam dalam buret dimasukkan, tetes demi tetes ke dalam gelas kimia. Dengan setiap tetes, larutan dicampur, dengan menggunakan pengaduk dan pembacaan pH diambil, hingga mencapai 7,0. Jumlah asam diperlukan untuk menetralkan solusi dalam gelas dicatat kuantitatif. Buret diisi ulang dengan asam klorida sampai 40ml lagi untuk tes berikutnya. Prosedur ini diulang untuk gelas berlabel Mylanta, Promaag dan Strocain. Hasil cacatan tersebut kemudian dimasukkan ke dalam tabel dan membandingkan efektivitas berbagai merek antasida. Catatan pH setiap antasida kemudian dibandingkan dengan jumlah tetes antacid untuk menetralkan asam dan dimasukkan ke dalam grafik. Prosedur ini kemudian diulang selama 5 kali, hasil setiap prosedur kemudian dibandingkan satu sama lain Dari penelitian ini, menunjukkan bahwa Mylanta adalah antasida yang paling efektif diantara merek lain yang digunakan selama percobaan ini sementara kalium hidroksida adalah yang paling tidak efektif.


Pancake Bams Bergizi Sebagai Alternatif Sarapan


Peneliti
Emma Febrianty Putri
Actavia Nur Asita
Pembimbing
Nuriana Ulfa, S.Si
Penghargaan
Bidang
LIFE SCIENCE
Asal Sekolah
SMP ISKANDAR SAID SURABAYA
Abstrak

Sarapan adalah suatu kebutuhan yang seringkali kita abaikan dengan berbagai alasan. Panecake adalah adonan roti yang dibuat dengan cara didadar, panecake BAMS adalah panecake yang didalamnya ditambahkan pisang,(banana), susu (milk) dan telur asin (salt egg).Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan gizi pada panecake BAMS, diantaranya kandungan karbohidrat, protein, glukosa dan lemak. Dari hasil analisa dapat diambil kesimpulan bahwa panecake BAMS mengandung karbohidrat, protein, glukosa dan lemak, dan pancake BAMS ini dapat dijadikan alternatif sarapan pagi.


Efektivitas Pancake Bams Terhadap Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran di SMP Iskandar Said Surabaya


Peneliti
Dita Melinda Sasti
Alifia Dhenis Safitri
Pembimbing
Lailatul Maghfiroh, S.Psi
Penghargaan
Bidang
LIFE SCIENCE
Asal Sekolah
SMP ISKANDAR SAID SURABAYA
Abstrak

Efektivitas pancake BAMS terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran di SMP Iskandar Said. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas pancake BAMS terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran di SMP Iskandar Said Surabaya. Penelitian ini menggunakan eksperimen dengan desain perlakuan ulang.Sampel yang digunakan sebanyak 10 siswa, yaitu dengan menghitung nilai keaktifan sebelum dan sesudah perlakuan dengan memberikan pancake BAMS saat waktu sarapan pagi.Instrument yang digunakan adalah angket. Berdasarkan hasil yang diperoleh bahwa Pancake BAMSdapat dikatakan efektif meningkatkan keaktifan siswa dalampembelajaran di SMP Iskandar Said Surabaya.


Efektivitas Lendir Bekicot (Achatina Fullica) sebagai Body Lotion Alami


Peneliti
Arina Sabila Rahma
Kusumawardhany S
Pembimbing
Ira Ikadua Rosyana, S.Si., M.Pd
Penghargaan
Bidang
LIFE SCIENCE
Asal Sekolah
SMP AL HIKMAH SURABAYA
Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas lendir bekicot Achatina Fullica terhadap kulit. Lendir bekicot mengandung protein yang memiliki asam amino untuk menjaga kesegaran kulit. Lendir bekicot dapat digunakan sebagai pelembab kulit, sehingga dapat diaplikasikan sebagai bahan utama dari body lotion. Bagi bekicot, lendir digunakan sebagai pelindung dari permukaan yang kasar dan mempermudah bekicot untuk berjalan di permukaan vertikal dan horizontal. Lendir akan keluar saat bekicot berjalan, sehingga cara untuk mengeluarkan lendir tersebut adalah dengan membiarkan bekicot berjalan-jalan terlebih dahulu. Kulit manusia terdiri atas epidermis dan dermis. Kulit harus dijaga agar tidak terlihat kusam dan kering. Jika kulit terlihat kusam dan kering, maka kulit akan terlihat lebih tua dari usia. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh simpulan sebagai berikut : 1) Lendir bekicot dapat digunakan sebagai body lotion karena memiliki kandungan protein. Protein memiliki asam amino yang dibutuhkan oleh kulit sebagai asupan nutrisi. Asam amino berfungsi untuk menjaga kesegaran kulit agar kulit terasa lebih muda dan tampak cerah. Jika kulit terasa lebih kencang dan lembab, maka lendir bekicot ini dapat digunakan sebagai bahan utama body lotion. 2) Berdasarkan penelitian, body lotion berbahan utama lendir bekicot lebih cepat berefek pada kulit.


Pemanfaatan Daun Gingseng Jawa Sebagai Makanan Ringan Bergizi


Peneliti
Rohana Dita S.
Erika Rizki S.
Pembimbing
Tatik, M.Pd
Penghargaan
Bidang
LIFE SCIENCE
Asal Sekolah
SMA NEGERI 11 SURABAYA
Abstrak

Dewasa ini, marak makanan ringan atau jajanan yang mengandung bahan-bahan berbahaya seperti 5P. Bahkan makanan kantin sekolah yang biasanya digunakan sebagai acuan asupan gizi anak di sekolah, juga tidak terkontrol dengan baik sehingga banyak sekali jajanan yang malah berbahaya bagi tubuh. Contoh makanan ringan yang paling disukai anak remaja seperti permen. Teksturnya yang unik dan rasanya yang enak membuat banyak anak remaja menyukainya. Pemanfaatan Daun Gingseng Jawa sebagai Permen Jelly terbukti disukai oleh kalangan remaja. Hal ini mampu diperkuat dengan hasil penelitian kami terhadap 10 responden acak. Responden lebih menyukai sampel D dengan perbandingan konsentrasi 10 gram agar-agar, 40 gram Daun gingseng Jawa, 10 gram Gula Jawa, Serta 500 cc air. Permen Daun Gingseng Jawa ini juga diharapkan mampu memberikan nilai gizi lebih dibandingkan mengkonsumsi Permen buatan pabrik pada umumnya.


Formula ?Dasamin? untuk Pembuatan Telur Asin Horn Pengganti Telur Asin Bebek yang Berkualitas


Peneliti
Rossa
Octoviona Putri
Pembimbing
Tatik, S.Pd
Penghargaan
Bidang
LIFE SCIENCE
Asal Sekolah
SMP NEGERI 14 SURABAYA
Abstrak

Konsumsi protein masyarakat di Indonesia relative rendah jika dibandingkan dengan Negara-negara tetangga. Protein sempurna terdapat pada hewani, akan tetapi harga yang relative mahal membuat konsumsi masyarakat rendah. Konsumsi masyarakat terhadap telur sangat tinggi terutama telur asin yang terbuat dari telur bebek. Telur bebek semakin hari semakin langka sehingga memicu mahalnya harga telur asin. Telur yang mudah didapat dan harga murah adalah telur ayam horn. Berdasarkan kenyataan tersebut diberikan solusi untuk membuat telur asin horn yang memiliki kualitas dan rasa seperti telur asin bebek. Telur asin horn dibuat dengan berbagai macam formula menggunakan bahan-bahan alami yang tersedia di alam. Percobaan dilakukan dengan 10 macam formula. Berdasarkan hasil percobaan diperoleh formula yang tepat adalah menggunakan daun salam dan daun mindi. Hasil responden menunjukkan bahwa telur asin horn memiliki rasa yang sangat kuat jika dibandingkan dengan telur asin bebek. Gizi yang terkandungan dalam telur asin horn lebih baik.


Pemanfaatan Biji Lamtoro Sebagai Pengganti Kedelai Dalam Pembuatan Tempe


Peneliti
Anindita Deasy W.
Sita Auliyah Rahmasari
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
LIFE SCIENCE
Asal Sekolah
SMA NEGERI 11 SURABAYA
Abstrak

Sumber daya alam hayati yang ada di Indonesia sangat beragam dengan berbagai macam manfaat dan khasiat bagi manusia. Potensi yang sangat besar dan jumlah yang melimpah belum dimanfaat dengan optimal misalnya lamtoro. Lamtoro memiliki kandungan gizi protein yang tidak jauh beda dengan kedelai. Kedelai sebagai bahan pembutan tempe semakin hari semakin mahal dan langka. Realita ini mendorong peneliti untuk membuat tempe dari biji lamtoro yang mudah didapat sekaligus ramah lingkungan dengan biaya yang murah. Dalam percobaan ini penelitia menggunakan 2 buah ragi yaitu ragi tempe dan ragi daun jati. Dari hasil percobaan yang dilakukan diperoleh tempe dengan hasil optimal menggunakan ragi daun jati. Hasil percobaan tempe lamporo memiliki tekstur seperti tempe yang terbuat dari kedelai. Tempe lamtoro ini mengandung banyak gizi yang tidak kalah dengan tempe kedelai yang memiliki banyak protein. Tempe lamtoro ini memiliki kandungan 40% protein dan 0,5% lemak. Jadi tempe lamtoro ini layak untuk dikonsumsi bagi orang yang ingin diet dan alternatif sumber protein nabati.


Pemanfaatan Filopaludina Javanica Sebagai Sumber Protein Hewani


Peneliti
Dipta Arsyani Febby S.
Vina Ivana
Pembimbing
Tatik, M.Pd
Penghargaan
Bidang
LIFE SCIENCE
Asal Sekolah
SMA NEGERI 11 SURABAYA
Abstrak

Konsumsi protein di Indonesia masih rendah sekitar 4%, seharusnya konsumsi protein di Indonesia sekitar 15% dari total energi. Sumber protein di Indonesia sangat melimpah, akan tetapi potensi sumber protein belum dimanfaatkan secara optimal. Sumber protein yang melimpah seperti pada Filopaludina javanica yang banyak didapatkan di daerah Benowo belum dimanfaatkan secara optimal. Padahal hewan ini sangat tinggi protein. Penelitian ini akan memberikan solusi untuk mengatasi kesenjangan antara harapan konsumsi protein yang tinggi dengan kenyataan rendahnya konsumsi protein hewani dengan mengolah Filopaludina javanica menjadi makanan kerupuk yang disukai oleh semua umur dan semua lapisan masyarakat. Filopaludina javanica yang telah dibuat menjadi kerupuk dengan tekstur yang berbeda dari kerupuk biasa, rasa lebih gurih dan tidak mengandung bahan yang membahayakan misalnya, pemanis, pengawet, penyedap, pewarna, dan pengenyal.


Pemanfaatan Aloevera Sebagai Alternatif Snack Chalalan Thoyyiban


Peneliti
Rowina Ainun Amalia
Rizky Syaharani Putri
Pembimbing
Siti Halimutus, S.Pd
Penghargaan
Bidang
LIFE SCIENCE
Asal Sekolah
SMP NEGERI 14 SURABAYA
Abstrak

Makanan yang beredar di kantin sekolah kebanyakan makanan yang mengandung bahan sintesis yaitu mengandung 5P yaitu pengawet, pemanis, pengental, perasa, dan pewarna. Makanan yang mengandung 5 P menjadi penyebeb timbulnya berbagai penyakit. Makanan yang baik dikonsumsi juga harus mengandung serat yang berfungsi bagi kesehatan pencernaan. Sumber daya alam di lingkungan sekolah banyak terdapat bahan yang mengandung serat alami banyak akan tetapi belum dimanfaatkan dengan baik misalnya aloevera. Berdasarkan fenomena tersebut diberikan solusi untuk memanfaatkan aloevera sebagai makan ringan. Aloevera dibuat menjadi snack yang gurih sehingga layak dikondumsi semua umur karena tergolong snack yang chalalan thoyyibah. Berdasarkan hasil percobaan snack aloevera memiliki tekstur lembut, gurih dan renyah. Banyak orang yang suka dengan snack aloevera. Snack ini dapat menggantikan snack yang beredar di kantin sekolah.


Pemanfaatan Ekstrak Cangkang Kerang (Anadara Granosa) Sebagai Pasta Gigi Alami


Peneliti
Dio Pratama P
Enriko Esha R
Pembimbing
Khoirul Anam, S.Si
Penghargaan
Bidang
LIFE SCIENCE
Asal Sekolah
SMP WIJAYA PUTRA SURABAYA
Abstrak

Telah dilakukan penelitian terhadap kandungan dan manfaat Cangkang Kerang yang termasuk hewan dari filum molusca, yaitu hewan dengan tubuh lunak yang tertutup cangkang. Kerang adalah hewan bivalves karena memiliki dua cangkang yang terhubung oleh otot. Kerang merupakan salah satu seafood yang populer karena kelezatan dan kandungan gizi kerang yang bermanfaat. Cangkang kerang yang selama ini tidak banyak dimanfaatkan oleh masyarakat, ternyata memiliki khasiat untuk memperbaiki struktur jaringan tubuh terutama yang keras karena cangkang kerang memiliki banyak kandungan terutama senyawa CaCO3, melalui sifat inilah sehingga bahan ini bisa dimanfaatkan untuk pembuatan pasta gigi alami dengan cara dibuat sebagai serbuk. Penelitian ini dilakukan secara sederhana dengan cara mengambil cangkang kerang. kemudian di tumbuk menjadi bagian serbuk halus. Selanjutnya dilakukan penghalusan pada permen peppermint dan dicampurkan dengan serbuk cangkang kerang dalam kondisi dipanaskan sambil diberikan tepung beras. Pemberian peppermint dimaksudkan untuk memberikan aroma kekhasan dari pasta gigi dan membunuh bibit penyakit yang ada didalam sela-sela gigi dan bau dari rongga mulut. Sedangkan pemberian tepung beras dalam kondisi panas dimaksudkan agar pasta gigi yang dibuat berbentuk gel atau pasta. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dihasilkan pasta gigi dari cangkang kerang dimana bahan ini didapat secara alami dengan kandungan utamanya adalah kalsium yang bisa memperbaiki dan menguatkan gigi


Pemanfaatan Lendir Belut (Monopterus Albus) Sebagai Antibiotik Alami


Peneliti
Rhema Adi Magiza
As? ad Naufal
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
LIFE SCIENCE
Asal Sekolah
SMA NEGERI 5 SURABAYA
Abstrak

Bakteri sebagai organisme uniseluler yang berbahaya bagi manusia. Manusia telah membuat antibiotik untuk menghambat pertumbuhan bakteri sekaligus mematikan bakteri namun memiliki efek samping yang merugikan dan terkadang semakin memperburuk keadaan. Penggunaan antibiotik konvensional seperti ampisilin dalam jangka waktu yang lama, dapat menyebabkan bakteri menjadi kebal, sehingga dibutuhkan antibiotik alami sebagai alternatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah selaput lendir belut dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan dapat dijadikan antibiotik alternatif. Selaput lendir belut memiliki kandungan antibody dan antibakteri lisosom, yang mencerna dan menguraikan unsur organik. Lisosom mendegradasi ikatan karbohidrat polisakarida yang membentuk dinding sel, yang ,menyebabkan sel hancur Penelitian menggunakan metode dilusi dengan konsentrasi supernatan lendir belut 50 %, 25 % dan 12,5 %. Hasilnya, lendir belut dengan konsentrasi 12,5% dapat menghambat pertumbuhan bakteri E. coli dan S. aureus lebih baik daripada konsentrasi 25% dan 50% walau demikian, lendir belut tidak dapat dijadikan sebagai antibiotik alami karena masih mengandung bakteri


High Calcium Noodle with Egg Shell as Altenative Food to Fulfill Human Calcium Needs


Peneliti
Abdul Muizzal Hafidz
Adinda Sandya
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
LIFE SCIENCE
Asal Sekolah
SMA NEGERI 5 SURABAYA
Abstrak

The purpose of this research is to produce ?Mie Cantik?, which is a high-calcium noodle made of eggshell flour as a solution to the lack of calcium intake of Indonesians. We will describe the process of making this product. First, the chicken eggshell is cleaned with flowing water and the membrane separated. Then, it is dried under room temperaure. Heating is done through 2 different ways, first, by boiling for 15 minutes then put inside an oven at temperature of 250oC for 2 hours. The second way is by boiling it for 2 hours then put inside an oven at 250oC for 15 minutes. The calcium content of the eggshell powder is measured through Atomic Absorption Spectroscopy (AAS) method to find out which method that will yield the most optimal calcium content. The results showed that the calcium content of the first method is larger, which is 35,65%, larger than the second method that only yields 18,63% calcium. Because of the relatively higher calcium content, before using the eggshell powder inside the noodle dough mixture, the percentage of the eggshell used shall be measured first, for if the calcium content is too high it will have a significant impact on long term health. And for calcium test results on the egg shells noodles that have been boiled is 1,925 mg / 100 g. Then, for the egg shells noodles that have not boiled is 1,814 mg / 100 g. This proves that the waste egg shells could increase the calcium content of the noodles.


Rumput Teki (Cyperus Rotundus L.) Sebagai Media Relaksasi


Peneliti
Qonitah Syamlan
Annastasia Lutfi K
Pembimbing
Budi Santoso, M.Pd
Penghargaan
Bidang
LIFE SCIENCE
Asal Sekolah
SMA NEGERI 21 SURABAYA
Abstrak

Rumput teki merupakan tanaman liar yang sering kita jumpai. Tanaman ini digunakan sebagai obat untuk sakit dada, sakit gigi, diare, demam, dan hipertensi. Rumput teki ini juga dapat bermanfaat sebagai aromatheraphy, karena dalam umbi tanaman initerdapat kandungan minyak atsiri . minyak atsiri yang diketahui dapat berguna sebagai media relaksasi ini merupakan bahan utama pembuatan aromatheraphy. Eksperimen dilakukan dengan data angket untuk diberikan kepada manusia yang sebelumnya telah diberi aromatherraphy dalam ruangan yang tertutup selama 15 menit. Pada penelitian ini didapatkan hasil bahwa rumput teki ( Cyperus rotundus l ) dapat digunakan sebagai aromatheraphy untuk media relaksasi. Ketika dilakukan uji coba tersebut terdapat hasil rileks yang dirasakan setelah pemberian aromatheraphy dari rumput teki tersebut.


Alternatif Obat Maag Tanpa Bahan Kimia Berbahaya Dari Pemanfaatan Air Tajin (Air Rebusan Beras)


Peneliti
Natasya Febrianti P. Z.
Nur Annisa Putri
Pembimbing
Sri Wening Ing Tyas Handayani, M.Pd
Penghargaan
Bidang
LIFE SCIENCE
Asal Sekolah
SMP NEGERI 22 SURABAYA
Abstrak

Penyakit maag saat ini bukanlah penyakit yang langka lagi. Banyak kalangan seperti anak kecil hinga orang dewasa terkena penyakit ini. Faktor - faktor penyebabnya adalah makan yang tidak teratur, terjadi kenaikan asam lambung, mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein, DLL. Sudah kita ketahui bahwa makanan pokok masyarakat Indonesia adalah nasi. Namun, memasak nasi memerlukan waktu yang banyak bukan? dan biasanya air rebusan nasi yang paling atas itu terbuang percuma. Oleh karena itu, kami memanfaatkan air tersebut atau yang biasa disebut air tajin untuk mengobati masalah pencernaan misalnya, maag.


Pengolahan Sirup Berbahan Daun Kelor Sebagai Alternatif Pemenuhan Vitamin A


Peneliti
Kresna Yahya
Reinard Wijaya
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
LIFE SCIENCE
Asal Sekolah
SMP ANUGERAH PEKERTI SURABAYA
Abstrak

Daun Kelor merupakan salah satu jenis sayuran. Daun yang di kenal sebagai daun untuk memandikan mayat di Pulau Jawa ini, sesungguhnya memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi yang dapat digunakan sebagai alternatif dalam pemenuhan vitamin A. Kandungan gizi daun kelor segar setara dengan 4 kali vitamin A yang dikandung wortel, 7 kali vitamin C yang terkandung pada jeruk, 4 kali mineral calsium dari susu, 3 kali mineral Potassium pada pisang, ? kali zat besi pada bayam, dan 2 kali protein dari yogurt. Sedangkan kandungan gizi daun kelor yang dikeringkan setara dengan; 10 kali vitamin A yang dikandung wortel, ? kali vitamin C yang terkandung pada jeruk, 17 kali mineral Calsium dari susu, 15 kali mineral Potassium pada pisang, 25 kali zat besi pada bayam, dan 9 kali protein dari yogurt. Meskipun memiliki kandungan vitamin yang cukup tinggi, apabila disajikan dalam bentuk sayuran, daun kelor masih sangat kurang diminati masyarakat. Oleh karena itu, kami memiliki alternatif untuk mengolah daun kelor menjadi sirup. Hal ini bertujuan untuk menarik minat masyarakat. Selain itu, dengan adanya pengolahan sirup dari daun kelor, masyarakat dapat mencicipi kapan saja sesuai dengan keinginan masing-masing.


Olesan Mujarab Pembasmi Letih


Peneliti
Filienike Suyono
Yusuf Salim
Pembimbing
Ichwatul Muzaida
Penghargaan
Bidang
LIFE SCIENCE
Asal Sekolah
SMA NEGERI 4 SURABAYA
Abstrak

Banyak orang jaman sekarang sering sekali mengalami capek, lelah, maupun letih. Apalagi setelah melakukan berbagai macam aktivitas yang benar-benar menguras tenaga sepanjang harinya. Pastinya tubuh kita akan selalu meronta untuk meminta berhenti sejenak dari kepenatan yang ada. Misalnya, dengan menonton televisi, membaca novel, dan kegiatan santai lainnya. Tapi, seringnya kegiatan tersebut malahan membuat kita lalai terhadapat tugas dan tanggung jawab kita masing-masing. Oleh karena itu, kami berdua sepakat untuk mengangkat tema atau judul ?Olesan Mujarab Pembasmi Letih?, berasal dari ragi yang akan diolah menjadi sebuah saleb. Saleb ini bukan hanya saleb biasa. Ternyata, selain untuk membuat tempe, ragi juga digunakan untuk membuat saleb yang berkhasiat menghilangkan rasa pegal-pegal dan capek. Sehingga, setiap orang yang tubuhnya mudah letih menjadi lebih tidak mudah lelah kembali dan dapat dengan lancar menjalani kegiatan dan tanggung jawab serta tuntutan hidup setiap harinya dengan penuh semangat tanpa ada kata mengeluh. Hasil penelitian menunjukkan ragi mengandung asam laktat yang ternyata dapat mengurangi kaku pada otot yang berarti dapat mengurangi rasa pegal yang berlebihan setelah melakukan aktivitas.


Permen Jelly dengan Kulit Kiwi (Actinidia Delicosa)


Peneliti
Giovanna Renee Tan
Leticia Maria
Pembimbing
Lindah Herlina, S.Pd
Penghargaan
Bidang
LIFE SCIENCE
Asal Sekolah
SMA KRISTEN PETRA 1
Abstrak

Buah kiwi merupakan salah satu buah yang sering dikonsumsi masyarakat sebagai hidangan penutup.Cara mengkonsumsi buah tersebut bisa secara langsung maupun diolah dalam bentuk selai ataupun dicampur dalam minuman es buah.Biasanya saat mengkonsumsi buah ini, kulit buah tersebut harus dikupas terlebih dahulu kemudian kulitnya dibuang. Hal ini disebabkan karena kulit buah kiwi kalau dikonsumsi bersama buahnya akan terasa tidak enak karena permukaan luarnya berbulu dan rasanya juga tawar dan susah dicerna oleh tubuh. Berdasarkan latar belakang tersebut di atas, penulis ingin mengembangkan permen jelly yang berkhasiat dengan memanfaatkan bahan limbah rumah tangga dari kulit buah kiwi.Penulis ingin membuat permen jelly dari kulit kiwi karena kulit kiwi dipercaya memiliki khasiat yang sangat besar bagi tubuh. Salah satunya yang diambil manfaat dari kulit kiwi tersebut ketika dipakai sebagai bahan campuran pembuatan permen jelly adalah pada kandungan pektinnya. Kandungan pektin tersebut terutama dalam hal memberikan sumber serat yang baik bagi tubuh untuk kelancaran proses pencernaan makanan. Dengan demikian, ketika orang mengkonsumsi permen jelly, tidak hanya mendapat asupan kalori yang tidak baik bagi tubuh, tetapi ketika sudah dicampur dengan kulit buah kiwi, terdapat khasiat lain yang berguna bagi kesehatan tubuh.


Teh Kemangi


Peneliti
Davina Intan Anggraeni
Pravia Farah Zain
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
LIFE SCIENCE
Asal Sekolah
SMP NEGERI 12 SURABAYA
Abstrak

Daun kemangi sudah tidak asing lagi di masyarakat. Selain dikonsumsi sebagai sayuran, manfaat lain daun kemangi adalah mengurangi bau badan, menjaga kesehatan mata. Untuk meningkatkan konsumsi daun kemangi, diupayakan dengan inovasi teh daun kemangi. Namun demikian belum diketahui apakah daun kemangi dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengganti daun teh. Untuk mendapatkan teh daun kemangi, daun kemangi dikeringkan terlebih dahulu kemudian 0,5 gram daun teh kering diseduh dengan air panas bersuhu 50 oC dengan volume 50 mL untuk mendapatkan teh kemangi. Maka dihasilkan teh kemangi yang segar dan disukai masyarakat. Daun kemangi yang dikeringkan tidak akan menghilangkan bau daunnya yang khas dan jika diseduh akan menghasilkan warna hijau yang cantik. Dengan demikian daun kemangi dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar dalam pembuatan teh.


Kerupuk Tule (Clarias Batrachus)


Peneliti
Hudiya Milyuna Haqqa
Anindya Putri Fatikha S.
Pembimbing
Anik Esmayanti, S.Si Dra. Nurul Chotimah
Penghargaan
Bidang
LIFE SCIENCE
Asal Sekolah
SMP NEGERI 2 SURABAYA
Abstrak

The purpose of this study is to create a healthy and delicious snack from catfish thorn. Because, It has a lot of nutritions that very useful for our body just like calcium, vitamin D and omega and this is very important especially for the children?s growth. This study uses thorn of catfish and natural ingredients without MSG or preservatives. So, this snack is very healthy. With this innovation (Kerupuk Tule) we can reduce the waste of catfish thorns and create something new and innovative from something useless.


Pemanfaatan Kulit Manggis untuk Mengobati Penyakit Diabetes


Peneliti
Meishela Silvaningtyas
Yuni Rahayu
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
LIFE SCIENCE
Asal Sekolah
SMK AL-IRSYAD SURABAYA
Abstrak

Manggis adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini dari kepulauan Nusantara. Buah manggis adalah sebuah endemik kawasan tropis seperti asia tenggara meliputi Indonesia, malaysia, thailand. Buah manggis, berwarna merah keunguan ketika matang, meskipun ada pula varian yang kulitnya berwarna merah. Adapun tujuan dari proposal ini untuk memberikan informasi kepada pembaca agar tahu tentang pemanfaatan kulit buah manggis yang dapat menjadi obat dari penyakit Diabetes. Memanfaatkan pengobatan tradisional itu lebih baik dibanding menggunakan pengobatan kimia . Banyak manfaat dari kulit manggis , utamanya untuk mengobati penyakit . Untuk itu perlu kesadaran masyarakat untuk mengerti betapa pentingnya kulit manggis untuk kesehatan . Mulai dari membantu penyembuhan sampai pencegahan terhadap penyakit . Itu karena kulit buah manggis mengandung banyak zat-zat yang baik untuk tubuh . Oleh sebab itu masyarakat baiknya memikirkan tentang manfaat kulit buah manggis. SMK


Teh Dasi (Daun Sirsak) yang Bermanfaat Sebagai Pengobatan Kanker


Peneliti
Daniar Dwi Putri D.
Shofiyah
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
LIFE SCIENCE
Asal Sekolah
SMK AL-IRSYAD SURABAYA
Abstrak

Daun sirsak memiliki manfaat yang sangat beragam salah satunya yaitu dapat menyembuhkan penyakit kanker. Selain itu, senyawa yang terkandung di dalamnya mampu menyembuhkan diabetes, atau mencegah timbulnya tumor. Salah satu senyawa yang terkandung dalam daun sirsak ialah Acetogenin , yaitu zat yang memiliki kekuatan 10 kali lebih kuat dalam membunuh sel-sel kanker. Daun sirsak jika diolah menjadi minuman maka orang menyebutnya sebagai teh dasi. Teh dasi yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Pengolahan minuman ini dapat dilakukan sendiri dengan beberapa cara yang baik agar tidak menghilangkan kandungan-kandungan yang berada di dalam daun sirsak.


Nugget Beta Timur (Belut, Tempe Kedelai, dan Jamur Tiram) : Sebagai Solusi Penanggulangan gizi Buruk pada Balita


Peneliti
Zidane Yudhistira P.Y.
Dini Ayu Cahyani
Pembimbing
Dra. Titiek Yusfriyanti, M.Si Ismukaca, S.Pd, M.M
Penghargaan
Bidang
LIFE SCIENCE
Asal Sekolah
SMP NEGERI 44 SURABAYA
Abstrak

Lapar gizi yang dialami sebagian balita di negara kita merupakan masalah yang sangat serius. Ambil sebuah contoh di salah satu Kabupaten yang terletak di Jawa Timur, kabupaten Jember tahun 2015 berita yang dimuat oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Jember dengan alamat http://dinkes.jemberkab.go.id menayatakan kasus pendek balita sebesar 43,3%, dan jumlah kasus balita gizi buruk atau lapar gizi sebanyak 2,34%. Ini baru salah satu contoh kabupaten yang ada di Negara kita, jika kasus serupa dialami pada kabupaten maupun kota yang lainnya di Negara kita tentunya sangat memprihatikan. Untuk itu perlu di carikan solusi untuk menanggulangi lapar gizi buruk pada Balita berupa pembuatan Nugget Beta timur(Belut, Tempe Kedelai, dan Jamur Tiram).


Pemanfaatan Mengkudu Menjadi Nugget Sebagai Alternatif Bahan Pangan Pengurang Resik Hipertensi


Peneliti
Adelia Roro Anggraeni
Katherine Ananda F.
Pembimbing
Indraini Parwitaryati, S.Pd
Penghargaan
Bidang
LIFE SCIENCE
Asal Sekolah
SMA NEGERI 13 SURABAYA
Abstrak

In every industrialized Country. Hypertension is one of many major health problems. Including in Indonesia, hypertension health issue that must be considered by every doctor who work in medical service.Most is a, people prefer food that is categorized as unhealthy, which increases the possibility of hypertension. Many experts recommend that people with hypertension to consume noni. Noni it is a kind of fruit which can be found easily in our neighborhood. Because it hasscopoletin that can be a reducing the risk of hypertension. It is found that people always disike distinctive smell and the taste of Noni. Given the public prefer once of fastfood, this Noni Nugget can be use as a practical yet healthy meal. It can also be used as medicine, especially caring hypertension. Through this processing, the taste and the smell of noni will be more savory and delicious to consume.


Pemanfaatan Mengkudu (Morinda citrifolia) Sebagai Produk siap Konsumsi ?Crepes Noni?


Peneliti
Moch. Fachorrozi
Rizky Aprillia W.
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
LIFE SCIENCE
Asal Sekolah
SMA NEGERI 5 SURABAYA
Abstrak

Penelitian ini adalah bertujuan untuk membuat olahan dari buah mengkudu yang tidak berbau menyengat dan rasanya lezat sehingga masyarakat lebih tertarik untuk mengkonsumsinya, karena selama ini pengolahan buah mengkudu baik dalam produk makanan ataupun minuman masih sangatlah kurang, maka kami berinovasi mengolah mengkudu menjadi crepes. Crepes adalah makanan semua kalangan, terutama di kalangan anak muda. Sebelum mengolah menjadi crepes kami merebus mengkudu dengan madu dan gula merah terlebih dahulu untuk menghilangkan bau menyengat dari mengkudu. Kemudian kami menghaluskan mengkudu dengan blender lalu menyaringnya untuk mendapatkan sari mengkudu. Barulah kami membuat adonan crepes dengan mencampurkan semua bahan-bahan seperti biasa hanya saja kami menambahkan sari mengkudu sebagai pengganti air. Lalu kami memasak dan mencetak seperti halnya crepes-crepes lain. Setelah menjadi crepes kami memberi taster kepada beberapa orang. Terbukti bahwa masyarakat lebih tertarik untuk mengkonsumsi crepes noni ini, karena bau dan rasa menyengat dari mengkudu sudah tidak terasa lagi.


Inovasi Pangan : Pemanfaatan Jantung Pisang (Musa Paradisiaca) Menjadi Abon Bernilai Gizi


Peneliti
Salsabilla Madudari K.
Widi Tri Banowati
Pembimbing
Dra. Tatik, M.Pd
Penghargaan
Bidang
LIFE SCIENCE
Asal Sekolah
SMA NEGERI 5 SURABAYA
Abstrak

Tumbuhan pisang (Musa paradisiaca) adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari, yang disebut sisir. Bagian jantung pisang memiliki beberapa kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Bahan utama yang dioerlukan adalah jantung pisang, susu kedelai, dan rempah-rempah untuk bumbu. Cara membuatnya sama seperti abon. Yaitu, jantung pisang dipotong kecil-kecil, lalu direbus bersama susu kedelai dan bumbu yang sudah halus hingga kering. Berdasarkan survei, kebanyakan orang mengatakan bahwa tekstur, aroma, dan rasanya bagus dan mirip dengan abon daging sapi. Namun, setiap orang mengatakan rasa yang berbeda-beda. Ada yang mengatakan bahwa rasanya terlalu asin, gurih, pahit, dan lain-lain. Dapat disimpulkan bahwa jantung pisang dapat diolah menjadi abon. Dengan harga yang tentunya lebih murah, kita dapat membuat abon dengan nilai gizi yang kurang lebih sama dengan abon daging biasa menggunakan jantung pisang. Saran yang dapat diberikan penulis adalah sebaiknya jantung pisang lebih dimanfaatkan karena memiliki gizi tinggi dengan harga murah.


Upaya Mengurangi Pencemaran Udara Di SMP 42 Surabaya Terhadap Lingkungan Sekitar (Pasar Loak dan Pabrik)


Peneliti
Tabasyania Dwi C.
Yudistira Guviardi B.
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
LIFE SCIENCE
Asal Sekolah
SMP NEGERI 42 SURABAYA
Abstrak

Pencemaran lingkungan saat ini menjadi salah satu masalah di kalangan masyarakat. SMP N 42 Surabaya salah satu lembaga pendidikkan yang berlokasi di pasar loak dan sekitar pabrik merasakan polusi uadara yang ditimbulkan lingkungan sekitarnya.untuk itu sekolah dan warga sekolah berupaya mengurangi polusi udara dengan kegiatan penghijauan di sekolah. Kegiatan penghijauan itu antara lain : taman sekolah, tanaman penyerap CO2, vertikal garden, green house dan taman mini di kelas. Dengan upaya ini proses belajar mengajar berjalan lancar dan nyaman.


Pemanfaatan Inverter Sebagai Tenaga Listrik Cadangan Yang Murah, Hemat Energy, dan Ramah Lingkungan Bagi Daerah yang Mengalami Pemadaman Listrik Bergilir dan Sumber Listrik dalam Perjalanan Kendaraan Bermotor


Peneliti
Tristan Salahuddin S.
Pembimbing
Sri Wening Ing Tyas Handayani, M.Pd
Penghargaan
Bidang
FISIKA
Asal Sekolah
SMP NEGERI 22 SURABAYA
Abstrak

Krisis listrik mulai menjadi masalah yang serius saat ini. Berbagai upaya dilakukan untuk mengatasinya. Kebutuhan akan listrik tidak sebanding dengan pasokan yang ada. Pemadaman bergilir menjadi problem yang sering terjadi sekarang. Berlatar belakang seperti itulah maka dicari solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan bagi daerah yang mengalami pemadaman bergilir. Salah satunya dengan pemanfaatan inverter sebagai tenaga listrik cadangan yang murah, hemat energi, dan ramah lingkungan bagi daerah yang mengalami pemadaman bergilir. Inverter juga dapat dimanfaatkan untuk sumber listrik dalam perjalanan kendaraan bermotor ( mobile electricity ). Cara kerja Inverter seperti Power Bank pada Handphone dan gadget atau UPS pada personal computer ( PC ).


Terong Dapat Menghasilkan Energi Listrik


Peneliti
Windi Nur Laili
Fadhilah Nur Nafiisah
Pembimbing
Dra. Gul Kalturachmi Dra. Widyas Kurniawati
Penghargaan
Bidang
FISIKA
Asal Sekolah
SMP NEGERI 24 SURABAYA
Abstrak

Bertujuan menciptakan energi listrik alternatif dari terong agar mengurangi pemanasan global yang ada. Kandungan terong yaitu:phycocyanin dan resveratrol,vitamin Bkompleks, antioksida, vitamin A, D, E, K, C, B3, B2, antosianin ellagic acid, selenium, ZAT BESI Dengan metode pengetesan adanya tegangan dan kuat arus pada terong dan membuktikan adanya listrik pada terong .


Kulit Durian Sebagai Pengganti Arang Baterai


Peneliti
Muhammad Zidan M.
Rezha Pandu Wibawa
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
FISIKA
Asal Sekolah
SMP NEGERI 42 SURABAYA
Abstrak

Pencemaran lingkungan saat ini menjadi salah satu masalah di kalangan masyarakat. Semakin padat penduduk semakin banyak keberadaan sampah. Salah satu yang harus kita lakukan adalah mengelolah sampah-sampah tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu penemuan kami adalah memanfaatkan kulit durian sebagai penggati arang baterai yang telah habis atau tidak digunakan, karena ternyata pada kulit daging durian terkandung zat elektrolit yang dapat menimbulkan arus listrik. Hal ini kami lakukan untuk dapat mengurangi sedikit pencemaran lingkungan yang ada saat ini.


Pemanfaatan Limbah CD untuk Kipas Angin Dengan Tenaga Panel Surya


Peneliti
Idham Yuma Dwina C.
Rico Angga Saputra
Pembimbing
Anik Wismiarti, S.Pd Dra. Ninoek Marijatini
Penghargaan
Bidang
FISIKA
Asal Sekolah
SMP NEGERI 37 SURABAYA
Abstrak

Dalam kehidupan sehari-hari banyak barang bekas yang dibuang begitu saja tanpa memperhatikan lingkungan sekitarnya , diantaranya limbah CD mengandung polycarbonate plastic , acrylic dan Bishenol ? A (BpA) yang sangat merugikan kesehatan bila terpendam di dalam tanah apalagi bila bercampur dengan air tanah . Penyakit yang bisa timbul akibat tercemar limbah CD antara lain kanker prostat , kanker payudara , pupertas lebih awal , obesitas , dibetes , perubahan dalam sistem imun dan mengganggu pengaturan hormone tiroid. Pemanfaatan CD bekas menjadi barang yang bisa bermanfaat , dibuat baling ? baling menjadi kipas angi dengan tenaga surya . Energi surya merupakan sumber energi utama di masa mendatang yang merupakan sumber energi terbarukan , tidak cepat habis. Merupakan sumber energi yang ramah lingkungan dan panel surya , alat yang dapat mengubah cahaya menjadi listrik (Surya / matahari) . Panel surya (Photovoltaic sebagai cahaya listrik. Sel surya bergantung pada efek photovotaic yang menyerap energi matahari dan menyebabkan arus mengalir antara dua lapisan bermuara yang berlawanan . Diharapkan kipas angin yang dibuat dari baling ? baling CD bekas dengan tenaga panel surya bisa diperbanyak , dirasakan / dinikmati manfaatnya untuk masyarakat serta mempunyai nilai ekonomis bagi kehidupan / keluarga untuk menuju kemakmuran bersama .


Energi Alternatif Lilin dari Bahan Sampah Sedotan


Peneliti
Giovanni Mahardika N.
Ros Fauziah Machmud
Pembimbing
Tri Maryono, S.Pd, MM
Penghargaan
Bidang
FISIKA
Asal Sekolah
SMP DOROWATI SURABAYA
Abstrak

Banyak kita jumpai disekitar kita sampah berupa sedotan yang terbuat dari bahan plastic. Plastic adalah salah satu bahan yang tidak mudah hancur sehingga mencemari tanah. Plastic termasuk bahan yang mudah terbakar. Disaat listrik PLN padam banyak masyakat yang membutuhkan lilin untuk penerangan. Kami memcoba memanfaatkan sampah sedotan dibuat menjadi lilin untuk penerangan. Penelitian ini menggunakan metode eksperiment yang dilakukan di laboratorium IPA SMP DOROWATI. Kami mencoba mencampurkan 50 sedotan dengan lilin 10 cm dan kemudian dicetak. Kemudian lilin dicampur dengan sedotan dinyalakan bersama dengan lilin murni dengan panjang 10cm. hasil percobaan menunjukan lilin murni lebih terang tetapi lilin dicampur sedotan lebih tahan lama.


UV Counterfeit Money Detector Sebagai Alat Pendeteksi Uang Palsu


Peneliti
Khumairoh Fariza S.
Eka Istingrum
Pembimbing
Budi Santoso, M.Pd Norma Hermawan, S.T., M.T.
Penghargaan
Bidang
FISIKA
Asal Sekolah
SMA NEGERI 21 SURABAYA
Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeteksi uang palsu yang baisa beredar dimasyarakat. Data dianalisis secara kualitatif . Hasil penelitian menunjukkan UV Counterfeit Money Detector dapat digunakan untuk mendeteksi uang palsu. Simpulan UV Counterfeit Money Detectorlayak untuk mendeteksi uang palsu.


Buah Busuk Penghasil Listrik


Peneliti
Rizqi Pradhana
Erlingga Ridho S. P.
Pembimbing
Dra.S.N.Herwiningsih M.Mpd Drs. Mudjiono, MM
Penghargaan
Bidang
FISIKA
Asal Sekolah
SMA NEGERI 2 SURABAYA
Abstrak

Karena bahan bakar utama pembangkit listrik PLTU adalah batubara, gas, dan bbm yang tidak dapat di perbarui dan semakin langka, oleh karena itu kami memanfaatkan buah busuk sebagai pembangkit listrik arus lemah, karena harga relative murah dan mudah di jangkau. Terdapat pemanfatan arus listrik yang terkandung pada buah busuk. Tegangan listrik pada selang 5 Menit menunjukkan beda potensial sebesar 6,3 Volt. Maka buah busuk memiliki kandungan listrik yang cukup untuk menghidupkan lampu LED, selain itu listrik yang terkandung dalam buah busuk dapat bertahan lama. Energi listrik ini tercipta karena buah busuk memiliki tingkat elektrolit tinggi hingga dapat menghantarkan listrik.


Penyiram Tanaman Secara Otomatis


Peneliti
Dio Viramda. Sp
Anggi Saputro
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
FISIKA
Asal Sekolah
SMP NEGERI 52 SURABAYA
Abstrak

Pada penelitian ini telah dibuat sebuah alat penyiram tanaman yang ada di taman secara otomatis dan menyalakan penyiraman dari jarak jauh dengan menggunakan teknologi SMS gateway. Sistem dibuat menggunakan mikrokontroller ATMega16 sebagai modul pengendali utama. Pesan atau data yang dikirim lewat SMS gateway akan diterima oleh GSM Wavecom untuk diteruskan ke mikrokontroler ATMega16. Data yang diterima mikrokontroler akan diproses dan dieksekusi untuk mengendalikan relay. Relay berfungsi sebagai saklar elektromekanik untuk menyalakan pompa air yang nantinya akan menyirami tanaman ditaman. Sinyal atau data yang diterima akan diterima ke mikrokontroler ATMega16 untuk diteruskan dalam bentuk SMS ke handphone melalui modem GSM Wavecom sebagai laporan umpan balik sistem (feedback) yang berfungsi untuk mengetahui posisi pompa air menyala dalam durasi waktu yang sudah ditentukan dan pompa air padam (mati) setelah durasi waktu selesai. Cara kerja sistem dibagi menjadi dua jenis mode kendali yaitu menggunakan mode SMS gateway pengguna dapat melakukan penyiraman hanya dengan melalui SMS. Sedangkan mode otomatis, pengguna dapat melakukan penyiraman dengan hanya menentukan waktu penyiraman dan akan secara otomatis melakukan penyiraman sendiri


Percobaan Pendulum Balistik Sebagai Jalur Alternatif Penentuan Kecepatan Awal Benda


Peneliti
Khoirum Maulana Ishaq
Audha Fitrah Aulina
Pembimbing
Arya Setyanowicaksono, S.Si
Penghargaan
Bidang
FISIKA
Asal Sekolah
SMA NEGERI 7 SURABAYA
Abstrak

Selama ini dalam kegiatan praktikum fisika kita kesulitan menentukan atau memilih jenis percobaan yang bisa menggambarkan peristiwa yang merepresentasikan sebuah fenomena kekekalan momentum dan kekekalan energi dan sekaligus menentukan kecepatan awal benda yang ditembakkan (sebelum terjadi tumbukan). Sebuah tumbukan antara dua benda dapat elastis atau inelastis. Dalam kegiatan ini kita akan diberikan suatu pengalaman praktis bekerja dengan tiga besaran penting yang terkait dengan gerakan obyek dan kita akan melihat bagaimana besaran-besaran tersebut terkait. Ketiga besaran tersebut adalah usaha, energi dan momentum. Sebagaimana digunakan oleh ahli fisika, besaran-besaran tersebut memiliki makna teknis, yang berbeda dalam arti kekekalan energi, jadi kita perlu memfokuskan perhatian kita pada makna teknis dari besaran-besaran diatas seperti saat kita akan melakukan kegiatan laboratorium lain.


PLTM (Pembangkit Listrik Tenaga Magnet)


Peneliti
Abhista Danis Wara
Pembimbing
Sri Wahjuningsih, S.Si
Penghargaan
Bidang
FISIKA
Asal Sekolah
SMA NEGERI 2 SURABAYA
Abstrak

Menipisnya cadangan sumber energi klasik (fosil), disertai dengan kebutuhan akan bahan bakar tersebut yang cenderung semakin meningkat, ditambah dengan potensi peningkatan polusi udara akibat penggunaan sumber energi ini, telah menjadi keprihatinan banyak ahli di hampir seluruh penjuru dunia. Sementara itu disatu sisi, ketersediaan sumber energi terbarukan yang sangat melimpah jumlahnya dan jauh lebih bersih belum sepenuhnya termanfaatkan. Menyikapi hal tersebut kita membutuhkan ide-ide baru untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Medan magnet dapat menjadi solusi membuat energi terbarukan yang ramah lingkungan. Adalah sangat disayangkan jika hal tersebut tidak dikembangkan. Berawal dari perhatian penulis pada sebuah kompas yang mampu bergerak mengikuti kutub magnet bumi. Cara kompas mengubah medan magnet bumi menjadi energi gerak merupakan cara yang sama seperti alat yang dibuat.Alat ini dibuat untuk menghasilkan energi alternatif yang berasal dari medan magnet sebagai sumber energi terbarukan Penelitian ini dilakukan adalah untuk membuat suatu konsep dan pandangan baru tentang medan magnet. Yang dapat menghasilkan energi listrik. Dalam konsep yang telah di rancang ini, medan magnet akan dimanfaatkan untuk memutar alat sehingga menjadikan energi gerak yang menghasilkan listrik prinsip gaya magnetyang di timbulkan dimanfaatkan untuk menggerakan roll yang ada. Kemudian energi listrik tersebut dapat digunakan untuk menjalankan perabotan yang mengunakan listrik Suatu konsep skema untuk merealisasikan ide ini, beserta tahapan eksperimen pembuktian konsep untuk menguji kelayakan ide yang diusulkan akan dijelaskan didalamnya. Diharapkan dengan skema ini, maka dimasa depan kebutuhan manusia akan terpenuhi.


Menerangi Banyak Ruangan Menggunakan 1 Lampu dengan Memanfaatkan Pantulan Cermin


Peneliti
Yohanes Dimas Wisnu W.
Fadiya Furuujihim R.
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
FISIKA
Asal Sekolah
SMP NEGERI 12 SURABAYA
Abstrak

Cahaya merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi manusia. Tanpa cahaya, manusia tidak dapat melihat dengan jelas dan melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar. Sejak ditemukannya lampu oleh Thomas Alva Edinson, lampu semakin banyak dibutuhkan dan semakin berkembang dengan cepat. Tetapi, sekarang ini banyak terdapat bangunan besar sehingga membutuhkan banyak lampu dan lampu yang berdaya besar. Kita seharusnya berusaha menghemat energi agar pasokan listrik tidak menipis. Dengan melakukan penelitian terhadap pemantulan cahaya cermin, kami menyimpulkan bahwa dengan cermin, kita dapat menyebarkan cahaya dengan memantulkannya ke daerah ruangan yang lainnya. Misalnya sudut cermin pemantul pertama 60?, maka untuk sudut cermin pemantul kedua harus 30?. Pernyataan ini sesuai dengan penelitian kami terhadap sudut pemantulan yang sempurna. Memang cahaya yang dipantulkan cermin sedikit lebih redup daripada cahaya lampu. Tetapi, setidaknya manusia dapat melakkukan aktivitas dengan jelas dari cara itu. Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah lampu kecil sebagai sumber cahaya, cermin sebagai pemantul cahaya, 2x baterai 1,5V sebsgsi sumber daya lampu, dan bahan pendukung lainnya. Alat-alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah penggaris, lem kayu, gunting, busur, dan alat pendukung lainnya.


Game Step It! With Arduino Ide


Peneliti
Jonathan Albertus G.
Candraditya P.W.
Pembimbing
Ir. I Ketut Samudra
Penghargaan
Bidang
FISIKA
Asal Sekolah
SMA SANTA MARIA SURABAYA
Abstrak

Game pada saat ini telah menyebar ke semua usia, dari muda maupun tua. Tetapi yang lebih berpengaruh adalah anak muda bangsa Indonesia sekarang. Anak bangsa kita sering memainkan game yang mempunyai tipe game online. Game tersebut dikategorikan tidak mendidik, dalam artian game tersebut tidak dapat memberikan hal yang beak dan bersifat tidak edukatif. Jadi bisa dikatakan bahwa game online itu merusak kepribadian dan intelektual anak bangsa. Dari situlah mengapa anak bangsa kita itu selalu malas, tidak semangat dalam bel;ajar, sering sakit. Berdasarkan masalah diatas, maka kami ingin membuat suatu alat bermain yang dapat menghibur dan mengolah suatu permasalahan dengan cepat dan logis. Ini semua dikarenakan alat bermain ini menggunakan otak kanan untuk dapat menyelesaikan game ini. Dan juga game ini juga membuat anak menjadi sehat yang diharuskan pengguna untuk bergerak agar dapat menyelesaikan game ini.


Pemanfaatan Daing Lidah Buaya Sebagai Peminimalisir Intensitas Cahaya Pada Gadget


Peneliti
Anisah Nur Shabrina
Clara Cahyaning W.
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
FISIKA
Asal Sekolah
SMA AL-HIKMAH SURABAYA
Abstrak

Telah dilakukan penelitian yang berjudul Pemanfaatan Daging Lidah Buaya Sebagai Peminimalisir Intensitas Cahaya pada Gadget. Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan tingkat radiasi intensitas cahaya yang dihasilkan oleh gadget dengan menggunakan alternatif daging lidah buaya. Lidah buaya mengandung senyawa flavonoid yang dikenal dapat menyerap radiasi intensitas cahaya. Prosedur dalam penelitian kami adalah eksperimen dengan cara mengambil daging dari tumbuhan lidah buaya , kemudian kami dekatkan daging lidah buaya di dekat gadget yang akan diuji dan mengukur intensitas cahaya menggunakan luxmeter. Hasil yang kami dapat bahwa daging lidah buaya dapat mengurangi intesitas cahaya pada handphone setiap 100 gram dapat mengurangi 0.50 lux radiasi intensitas cahaya, dan pada laptop setiap 100 gram dapat mengurangi 0,35 lux. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lidah buaya dapat menyerap radiasi intensitas cahaya yang dihasilkan oleh gadget.


Mini-Ver Trash With Specification Non Mosquito and Non Rat


Peneliti
Wilda Septilah Aulia
Ahmad Ibnu Setiadi
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
FISIKA
Asal Sekolah
SMA NEGERI 2 SURABAYA
Abstrak

Memiliki tempat sampah yang ideal adalah dapat memisahkan berbagai jenis sampah Tapi jika memiliki semua jenis tempat sampah tersebut akan memakan sebagian tempat kita. Masalah kedua adalah ketika kita memasukan berbagai jenis sampah dalam satu tempat sampah. Yang terjadi adalah banyak hewan-hewan pengerat seperti tikus dan nyamuk bahkan lalat datang ke tempat sampah tersebut. Maka dari itu kita membutuhkan tempat sampah yang dapat menampung sampah organik, anorganik, dan sampah kimia secara terpisah yang dapat menghemat tempat dan dapat terhindar dari datangnya nyamuk maupun tikus. Kami disini mencoba mendesain 3 tempat samapah yang dapat menampung sampah organik, anorganik, dan sampah kimia namun dengan memerlukan tempat sama seperti 1 tempat sampah. Hasil dari penelitian kami adalah frekuensi yang kami berikan dapat menjauhkan nyamuk dan tikus dari sumber suara. Perbandingan antara saat sebelum kami beri frekuensi tertentu dan setelah kami beri frekuensi tersebut adalah ketika belum kami beri frekuesnsi tersebut pola gerak nyamuk adalah berputar-putar mengelilingi ruangan dan menggigit manusia di dekatnya. Demikian dengan tikus, gerak-gerik tikus terlihat santai dan normal ketika tidak ada frekuensi tertentu. Namun, setelah kami beri frekuensi tertentu tersebut pola gerak nyamuk mulai terlihat acak dan lebih condong untuk berkumpul di pojok ruangan. Dan ketika kami dekati tidak ada satupun nyamuk yang menggigit. Sama dengan tikus, gerak-gerik tikus menjadi gelisah dan mencoba untuk menjauh dari sumber suara tersebut. Penelitian tentang pola gerak nyamuk dan tikus terhadap frekuensi perlu dikembangkan untuk mengurangi gangguan nyamuk yang berada di sekitar kita.


Powering Bicycle Using Portable Electric Motor Stored in a Modified Dynamo


Peneliti
Stephanie Angela T.
Nathanael Iskandar
Pembimbing
Kuncoro Kohar, S.T., B.Eng., M.Sc.
Penghargaan
Bidang
FISIKA
Asal Sekolah
SMA KRISTEN CITA HATI SURABAYA
Abstrak

Akhir-akhir ini, banyak orang terlalu banyak menggunakan kendaraan bermotor dan menyebabkan polusi di daerah perkotaan. Sepeda dapat menjadi alternatif yang baik untuk mencapai tempat-tempat yang dekat, dan kebanyakan orang masih menggunakannya. Namun, menggunakan sepeda dapat memperlambat kita dalam mencapai tujuan karena kita dapat merasa lelah dengan mudah, sehingga menggunakan sepeda menjadi terasa tidak nyaman. Karena itu, kita akan membuat suatu alat yang dapat memudahkan pengguna sepeda untuk mencapai tempat tujuan mereka dengan cepat dan tetap dapat berisitirahat selama perjalanan dengan nyaman. Sepeda listrik berharga lebih mahal bila dibandingkan dengan harga sepeda biasa, selain itu, tipe dan model sepeda biasa jauh lebih banyak dan bervariasi. Bila kita menggunakan sepeda listik, kita cenderung untuk memanfaatkan energi listrik yang ada dan tidak menggunakan pedal dari sepeda kita, sedangkan biasanya tujuan utama bersepeda adalah untuk berolahraga. Bila kita menggunakan sepeda biasa, kita akan merasa lelah dan harus berhenti untuk beristirahat sehingga waktu untuk mencapai suatu tempat akan menjadi lebih lama. Maka dari itu, kami bertujuan untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan membuat sebuah sepeda semi-listrik.


Biosel Averrhoa Bilimbi Sebagai Sumber Energi Alternatif


Peneliti
Dita Larasati
Pembimbing
Dianita Rahmawati, S.Pd
Penghargaan
Bidang
FISIKA
Asal Sekolah
SMK NEGERI 3 SURABAYA
Abstrak

Pada zaman modern ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat berkembang pesat, begitu juga pengembangan pengetahuan tentang energi alternatif. Telah dilakukan penelitian tentang buah belimbing wuluh (averrhoa bilimbi) yang mampu menghasilkan energi listrik. Selain untuk menyalakan lampu LED baterai belimbing wuluh juga bisa digunakan untuk benda-benda lainnya seperti jam dinding menggunakan 1 sel baterai alam, remot TV 2 sel baterai alam dan senter tradisional 4 sel baterai alam, sedangkan lampu kamar 2,5 V bisa dinyalakan menggunakan 8 sel baterai alam. Kita dapat menghemat biaya listrik sekitar Rp.14.580,-/ bulan jika lampu kamar tidak digunakan selama satu bulan dan digantikan dengan lampu kamar dari tenaga sel baterai belimbing wuluh. Dan dengan menggunakan satu senter, jam dinding, remot TV, dan lampu hias kita bisa menghemat pengeluaran untuk membeli baterai asli sebesar Rp. 27.500,- Diharapkan dengan adanya biosel averrhoa bilimbi sebgai sumber energi alternatif ini dapat membantu pemerintah menyediakan sumber energi listrik yang selain aman, mudah didapat, juga terjangkau oleh masyarakat luas serta sebagai solusi atas krisis energi yang dialami bangsa ini.


Pot Elektrik Penyiram Otomatis


Peneliti
Maylinda Novitasari
Tanti Safitri
Pembimbing
Fira Wardati, S.Pd
Penghargaan
Bidang
FISIKA
Asal Sekolah
MTs NEGERI 2 SURABAYA
Abstrak

Penelitian ini dilakukan di Laboratorium MTs Negeri 2 Surabaya, dimulai tanggal 2 Februari 2015 sampai 14 Maret 2015, dengan menyiapkan alat dan bahan yaitu tang, gunting, pot tanaman, pompa air, silicon, 2 buah karet gelang, selang yang berukuran kecil, 2 buah kawat yang panjang, dakron, kapas, pupuk, kabel listrik, potongan kotak kecil policarbonat, cat, kuas, air, dan tanaman bunga. Alat pot elektrik penyiram otomatis menggunakan prinsip kerja yaitu air bersih di tampung di dalam pot yang lubang dasar permukaannya sudah di tutup dengan policarbonat dan dilem dengan silicon. Kemudian air di alirkan dengan pompa air melalui selang bening yang melingkar dan diikat dengan kabel ties di 4 kawat yang sudah berdiri di sisi pot. Apabila air langsung kita buang kita pasti akan membutuhkan banyak air. Jadi, di tengah pot kita letakkan lingkaran sedang dari policarbonat yang telah di bentuk dan di lubangi bagian tengahnya, serta di atas policarbonat tersebut kita letakkan dakron dan kapas yang di gunakan untuk menyaring air sisa penyiraman bunga tersebut sehingga air nya menjadi jernih kembali dan dapat kita gunakan kembali. Air bersih hasil penyaringan akan di tampung kembali di dalam pot dan akan di salurkan kembali ke atas dengan bantuan pompa air. Begitu seterusnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alat penelitian pot ini bisa menyirami tumbuhannya sendiri, menghemat air dan menjernihkan air secara otomatis. Penelitian ini kami harapkan, bisa di gunakan sebagai alat alternatif cara pengganti pot yang biasa dengan yang otomatis dan bisa dipasarkan oleh para produsen sehingga manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.


Tas Pintar Solar Cell


Peneliti
Nur Fadilah
Shelby Triazalea
Pembimbing
Fira Wardati, S.Pd
Penghargaan
Bidang
FISIKA
Asal Sekolah
MTs NEGERI 2 SURABAYA
Abstrak

Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 07 Januari 2015 sampai 23 Februari 2015 di Laboratorium MTs Negeri 2 Surabaya dengan menyiapkan alat dan bahan yaitu Solder, Saklar, Panel surya, Battery 7,4 v, Capassitor 2 1000 uf / 16 v, Capassitor 3 470 uf /16 v, Resistor 150 OHM, Ic Regulator LM 7805 5 V, Kumparan, PCB, USB, Kabel Tembaga, Adaptor, Kotak bekas. Tas pintar solar cell ini menggunakan prinsip kerja, kotak penyimpanan tenaga sebagai power bank dihubungkan ke alat panel surya melalui kabel penghubung, sehingga bisa mengubah dari cahaya menjadi arus listrik. Untuk mengetahui apakah daya kotak penyimpan tenaga sudah habis atau belum bisa diketahui dengan lampu indikator yang ada pada kotak penyimpanan tenaga tersebut, jadi kita bisa mengontrol sewaktu-waktu jika dayanya habis. Alat ini dapat berfungsi dengan baik jika terdapat sinar matahari yang maksimal. Jika kita ingin mengecharge alat gadget, kita tinggal menekan tombol ON pada saklar lalu menyambungkan kabel ke USB. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui alat penelitian tas ini bisa digunakan sebagai power bank charge dengan bantuan tenaga sinar matahari. Penelitian ini kami harapkan, sebagai alternatif cara memudahkan kita saat berpergian tanpa bingung membawa mencari sumber listrik. Dengan tas ini kita tidak perlu bingung jika membawa peralatan komunikasi seperti HP, tablet, dan alat gadget lainnya.


??? ,?????


Peneliti
Rama Bhaskara Praja
Pembimbing
Irawan Muharto, S.Pd
Penghargaan
Bidang
MATEMATICS
Asal Sekolah
SMA NEGERI 2 SURABAYA
Abstrak

Banyak orang beranggapan bahwa 1? nilainya adalah 1. Hal ini dibuktikan dengan hasil survey yang menyatakan 11 dari 20 pelajar menjawab 1? adalah 1. Sedangkan 4 dari 20 orangg pelajar menjawab ?? atau 2,718. Dan sisanya menjawab ?????? ??????????????????????. Hal ini membuktikan bahwa pendapat tentang 1? adalah 1 banyak diterima dimasyarakat dengan alasan ?1 pangkat berapapun hasilnya tetap 1?. Di makalah yang membahas tentang ???, dengan ?? ? Bilangan Real akan menyagah pendapat tersebut dan menemukan hasil dari 1?. Setelah dilakukan beberapa percobaan akhirnya didapat hasil akhir dari ???, dengan ?? ? Bilangan Real yaitu yang bernilai ?????? ??????????????????????. Hasil ini berlaku untuk semua bilangan real seperti 0, 1 dan lainnya. Sehingga hasil ini bertentangan dengan pendapat lain yang menyatakan bahwa 1?=1 atau 1?=?? yang dibuktikan salah di dalam makalah ini. Dan hasil ini juga bertentangan dengan 0?=0 yang juga dibuktikan salah dalam makalah ini. Oleh karena itu kita mendapat konsep baru yaitu berapapun dipangkatkan tak hingga (?)hasilnya adalah ?????? ??????????????????????. Hasil ini dapat berlaku untuk semua bilangan real karena di dalam makalah ini saya juga telah menyebutkan bahwa konsep berapapun pangkat sesuatu lebih kuat daripada sesuatu pangkat berapapun. Dari survey telah dilakukan ternyata masih banyak pelajar yang belum memahami tentang operasi bilangan tak hingga padahal mayoritas dari mereka sering bertemu dengan bilangan tak hingga di sekolah. Meskipun begitu mayoritas dari pelajar tersebut telah mengetahui nilai atau asal dari bilangan tak hingga. Oleh karena itu saya berharap dengan adanya penemuan ini pembaca dapat lebih memeahami tentang konsep tak hingga.


The Applied Mathematical of Non-Linear Method for Anisotropic Diffusion in The CT Scan Images


Peneliti
Ekadana Prayoga S.
Pembimbing
Vicky Chandra, S.T.
Penghargaan
Bidang
MATEMATICS
Asal Sekolah
SMA MIMI SURABAYA
Abstrak

CT Scan is a technology that allow the users to see inside without cutting. Medical imaging is the most common application of CT Scan. They are used to help in a disease analysis. However, medical images are generally of low contrast and often have a complex type of image noises. These image noises may disturb with the disease analysis process. Therefore, anisotropic diffusion is introduced to reconstruct the image to help the disease analysis. Anisotropic diffusion is a produce based on nonlinear evolution partial differential equations which seeks to improve images qualitatively by removing noise while preserving details and even enhancing edges. The implementations. Noisy images of CT Scan are chosen and inputted into MATLAB. The size of the images is first changed from (a x b x 3) become (a x b) by using rgb2gray function in MATLAB. Then, the images are reconstructed by using anisotropic diffusion. So, the noisy images of CT Scan can be reconstructed by using algorithm anisotropic diffusion, and help the disease analysis by removing the image noises and smoothing edges.


Analisis Solusi Cerdas Pertidaksamaan dan Sistem Pertidaksamaan Kuadrat SMA untuk Kelas X


Peneliti
Listya Puspasari
Siti Farida
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
MATEMATICS
Asal Sekolah
SMA NEGERI 4 SURABAYA
Abstrak

Sebagai salah satu ilmu pengetahuan, matematika telah banyak mendukung bagi perkembangan teknologi dan memegang peranan penting dalam bidang sains dan pengembangan daya pikir logis, analitis, kritis, dan kreatifitas. Pentingnya peran matematika, menjadikan pelajaran matematika diajarkan di setiap jenjang pendidikan, dari sekolah dasar hingga sekolah menengah. Oleh sebab itu siswa dapat mengembangkan kemampuan menghitung dan memecahkan masalah. Juga dilihat saat ini pembelajaran tidak lagi harus berpusat pada guru, tetapi lebih diarahkan pada siswa, dimana siswa harus lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar di kelas dan siswa dituntut untuk mandiri dalam meningkatkan pemahamannya sendiri. Serta guru hanya sebagai fasilitator dalam pembelajaran. Dalam proses pembelajaran matematika pun perlu dilakukan pengkajian, pengevaluasian, dan pemerbaikan kualitas proses dan hasil pembelajaran matematika, sehingga kesulitan belajar matematika yang dialami siswa dapat diberikan solusinya. Namun pada faktanya, matematika adalah mata pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian siswa. Termasuk siswa sekolah menengah atas. Masih cukup banyak siswa yang kurang bisa memahami materi pembelajaran terutama pada materi pertidaksamaan dan sistem pertidaksamaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji dan menganalisis kembali mengenai kesulitan siswa dalam memahami bab tersebut dan menemukan solusi cerdas dalam menangani kesulitan siswa.


Penelitian Memahami Bentuk Aljabar dan Operasi Aljabar pada Siswa Kelas 8I SMPN 29 Surabaya


Peneliti
Ade Guntur Ramadhan
Anggari Yunita Pramesti
Pembimbing
Dra. Soedjiati
Penghargaan
Bidang
MATEMATICS
Asal Sekolah
SMP NEGERI 29 SURABAYA
Abstrak

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menjumpai berbagai problem atau permasalahan yang berkaitan dengan aljabar. Berbagai bidang kehidupan telah mengangkat permasalahan-permasalahan aljabar ke dalam bidang mereka sendiri. Penelitian dilakukan dengan membuat quesioner tentang pemahaman bentuk aljabar dan operasi aljabar dan melakukan kesimpulan dengan menggabungkan hasil dari penelitian tersebut. Hasil penelitian menyatakan bahwa 75% siwa kelas 8i belum faham tentang bentuk aljabar dan Operasi aljabar.


Penerapan Aritmatika Sosial pada Tumbuhan Lidah Buaya (Aloevera) di SMP Negeri 24 Surabaya


Peneliti
Mirza Axxahra Kisworo
Nurshyfa Ayu Wandarin
Pembimbing
Asmulik, M.Pd Ninuk S, M.Pd
Penghargaan
Bidang
MATEMATICS
Asal Sekolah
SMP NEGERI 24 SURABAYA
Abstrak

Dalam penelitian tentang penerapan aritmatika sosial pada tanaman Lidah Buaya, peneliti mengungkapkan keuntungan dan manfaat pada tanaman, Lidah Buaya (Aloevera). Mulai dari penanaman sampai panen, pemeliharaan, untuk proses menjadi minuman sehat yang siap minum. Dalam penanaman peneliti ini berusaha untuk menanam tanaman karena telah dikenal sejak ribuan tahun di negara-negara di Afrika, Amerika Serikat dan lain-lain sampai ke Indonesia. Lidah Buaya dapat ditanam tanah di mana saja terutama kering, maksud dari penanaman mudah untuk ditanam di sekitar sekolah rumah. Beberapa manfaat dari jus Lidah Buaya, antara lain: 1. Membuang racun (detoksifikasi), Lidah Buaya kaya vitamin, mineral dan nutrisi yang dibutuhkan dari elemen tubuh sehingga dapat membantu membuang racun dalam tubuh kita. 2. Bantuan menjaga berat badan, Lidah Buaya membantu membersihkan sistem pencernaan makanan ingredientsthat dapat membahayakan tubuh, sehingga meningkatkan kebugaran tubuh 3. Membantu pencernaan, Lidah Buaya memiliki kemampuan untuk secara alami mendetoksifikasi so gut peluncuran kerja dan meningkatkan penyerapan protein. Jadi Aloevera semua bisa digunakan tidak ada daging yang baik terbuang atau kulit. Penerapan aritmatika sosial, dari bahan murah yang dapat diproduksi minuman manfaat sehingga manyhealthy. Jadi penelitian kami mungkin berguna bagi kita semua.


Finding Effective Route Using Dijkstra?s Algoritm


Peneliti
Rachmad Ramadhan J.
Jeremy Moses Prawadi
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
MATEMATICS
Asal Sekolah
SMA NEGERI 19 SURABAYA
Abstrak

Algoritma Dijkstra adalah algoritma rakus yang digunakan untuk mencari jarak terpendek. Di penelitian ini algoritma dijkstra digunakan untuk mencari rute tercepat dan terpendek dalam bepergian. Dalam kehidupan sehari ? hari masyarakat dapat mengaplikasikan algoritma Djikstra ini untuk menghindari kemacetan di kota atau dapat membantu mengetahui rute efektif di daerah desa.


Efektifitas Magic Square untuk Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan pada Siswa Sekolah Dasar


Peneliti
Hardhika Fitri Indrawati
Husna Dinda Zulfana
Pembimbing
Layla Nur Afidah M.Si
Penghargaan
Bidang
MATEMATICS
Asal Sekolah
SMA AL-HIKMAH SURABAYA
Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesadaran peniliti untuk berpartisipasi dalam meningkatkan kemampuan penjumlahan anak sekolah dasar. Peneliti ingin meningkatkan kemampuan penjumlahan dengan memanfaatkan teknologi yang sudah ada saat ini. Penjumlahan adalah kemampuan paling dasar dalam matematika. Oleh karena itu, jika dapat menghitung dengan cepat maka dapat juga menghitung rumus yang lainnya dengan cepat pula. Oleh karena itu, peneliti menerapkan metode magic square untuk menambah kecepatan dan keakuratan siswa dalam menghitung penjumlahan yang nantinya akan diteliti pengaruh metode tersebut terhadap siswa. Penelitian dilakukan tiga tahap. Pertama, siswa melakukan pre-test untuk mengetahui kemampuan awal individu. Kedua, siswa mengerjakan post-test untuk meneliti apakah magic square mampu mempengaruhi kemampuan penjumlahan anak SD. Tahap ketiga adalah pembagian angket kepada seluruh siswa. Berdasarkan tahap pertama dan kedua diketahui bahwa terdapat 61,5% nilai siswa yang naik setelah menggunakan metode magic square, 23,08% nilai siswa tetap, dan 15,4% nilai siswa lainnya menurun. Berdasarkan hasil dari tahap pertama dan kedua, diketahui bahwa magic square dapat mempengaruhi peningkatan kemampuan penjumlahan anak sekolah dasar. Lalu berdasarkan tahap ketiga dapat diketahui bahwa terdapat 40% siswa berpendapat bahwa metode ini efektif untuk membuat siswa tertarik pada penjumlahan, 53,3% siswa berpendapat biasa saja dan 6,67% lainnya berpendapat magic square tidak efektif dan efisien bagi siswa untuk belajar penjumlahan.


Pembelajaran Berbasis TIK dengan Melihat Keamanan Website


Peneliti
Mohammad Alfi Haikal
Bayu Mahardika
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
KOMPUTER
Asal Sekolah
SMA MUHAMMADIYAH 9 SURABAYA
Abstrak

Website merupakan halaman situs sistem informasi yang dapat diakses secara cepat. Website ini didasari dari adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Penggunaan website sudah menjadi suatu perhatian oleh banyak kalangan, mulai dari pengusaha, akademisi, pemasaran, praktisi media massa, perusahaan, hingga instansi pemerintahan. sebagai media promosi, alat penjualan, hingga memberikan materi informasi yang berkaitan gambaran detail suatu instansi atau lembaga. Dari kegunaan website tersebut terdapat beberapa kelemahan. Salah satu dari suatu website www.deteksijawapos.com. Website tersebut terdapat kelemahan keamanan sign up untuk menjadi member website. Pada saat proses sign up kita bisa menggunakan alamat email palsu itu terjadi karena tidak ada proses verifikasi email menyebabkan akun-akun palsu yang dapat menganggu keamanan website dari celah-celah yang ada. Dengan contoh kelamahan keamanan dari website di atas tersebut terdapat rumusan masalah yang dapat disimpulkan. Kelemahan keamanan apa yang terdapat dari website tersebut sehingga dapat diretas oleh akun-akun palsu. Untuk mengatasi itu perlu suatu cara untuk mengatasi akun-akun palsu yang menjadi anggota website dengan mudah tersebut. Dengan rumusan permasalahan yang ada terdapat suatu tujuan dalam menganalisis kelemahan keamanan suatu website. Bertujuan agar pengelola website lebih meningkatkan keamanan website yang dikelola dengan setiap akun yang sign up menjadi anggota baru website melalui proses vertifikasi. Dan pentingya keamanan suatu website dari peretasan.


Pembelajaran Tentang Kelemahan Burning CD


Peneliti
Erfan Firdaus S
Hilman Abi Sarwan H
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
KOMPUTER
Asal Sekolah
SMA MUHAMMADIYAH 9 SURABAYA
Abstrak

Perkembangan teknologi dan informasi di dunia sangat begitu pesat, hal itu juga dirasakan di negara kita, Indonesia. Kemajuan dan kecanggihan teknologi dan informasi memberikan hal-hal baru dalam dunia IT, sehingga dibutuhkan pengetahuan tentang teknologi informasi itu, misalnya pengaksesan data dan penyalinan data yang sangat mudah dilakukan oleh setiap orang. Maka dari itu, perkembangan teknologi ini ternyata membawa pengaruh positif dan negatif, terutama di Indonesia. Orang-orang semakin pintar dalam mengikuti perkembangan teknologi dan informasi tersebut, tapi kebanyakan menuju ke pengaruh negatif yaitu maraknya pembajakan data seperti pembajakan dari sebuah CD. Pada permasalahan yang diangkat dalam pembelajaran TIK ini adalah Bagaimana kelemahan dalam burning CD, yaitu kita akan mengetahui kelemahan yang ada pada burning CD. Setelah kita mengetahui kelemahannya, tidak hanya kelemahan saja yang kami berikan tetapi selanjutnya kami akan membahas tentang Bagaimana cara mengatasi kelemahan dalam burning CD. Tujuan kami dalam Program ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi bagi seluruh masyarakat dalam mengatasi kelemahan burning CD. Selain itu, supaya generasi muda saat ini mengetahui dapat lebih memahami lagi tentang burning CD.


Jaket Berpendingin/Jaket Kipas


Peneliti
Langgam Dewa Rizky P
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
KOMPUTER
Asal Sekolah
SMP NEGERI 23 SURABAYA
Abstrak

Selama ini pelaku bisnis otomotif lebih banyak yang serius menggarap aksesoris motor misalnya helm dan suku cadang. Padahal, jaket itu penting agar tidak sering terjadi kecelakaan. Untuk itu kami akan mencoba membuat JAKET BERPENDINGIN / JAKET KIPAS yang berguna untuk : 1. Supaya pengendara sepeda motor lebih nyaman dijalan dengan bantuan alat khusus, 2. Untuk menciptakan standart baru orang berkendaraan sepeda motor dengan jaket berpendingin, maklumlah selama ini pengendara sepeda motor terbiasa hanya mengenakan helm saja. Hasil survey menyatakan, orang naik sepeda motor pasti memakai jaket biasa dibawah terik matahari dan panas badannya bisa mencapai 40 derajat Celcius. Jika terlalu panas, berpotensi mengalami kecelakaan. Selain itu, 90% pengendara motor pasti memakai jaket untuk melindungi diri dari sengatan sinar matahari, angin dan debu. Ini jelas potensi besar yang melabar.


Sistem Deteksi dan Kontrol Kebisingan di Perpustakaan dengan LCD (Library Control Design) berbasis Arduino Uno


Peneliti
Gabriela Nathania H.
Aileen Tusita Devi
Pembimbing
Ruslan,S.Kom
Penghargaan
Bidang
KOMPUTER
Asal Sekolah
SMA SANTA MARIA SURABAYA
Abstrak

Kebisingan merupakan salah satu faktor pengganggu pengunjung perpustakaan saat beraktivitas membaca di perpustakaan. Kebisingan yang terdapat di perpustakaan tidak dapat sepenuhnya terkontrol oleh petugas perpustakaan karena banyaknya keterbatasan yang ada. Oleh karena itu, dibuatlah sebuah sistem berbasis arduino uno yang dapat mengukur kebisingan di perpustakaan dan mengontrol kebisingan tersebut. Cara kerja sistem deteksi dan kontrol yang buat yakni mengambil input data suara, kemudian menganalisis data tersebut, dan jika perhitungan data melebihi batas standar kebisingan perpustakaan yang telah ditetapkan (45dB) maka speaker akan mengeluarkan output berupa suara buzzer sebagai pengalih perhatian pengunjung. Pada penelitian ini, dibuat sebuah prototype dari sistem tersebut yang menggunakan 2 modul sensor suara sebagai input, sebuah papan arduino uno, dan sebuah led sebagai output indicator pengganti speaker. Sistem dapat mendeteksi kebisingan dan memberikan nilai NKADC, kemudian memberikan respon terhadap perhitungan data yang melebihi standar ambang batas, berupa kedipan cahaya dari LED.


Situs Penunjang Pembelajaran Siswa-Siswi Saat ini


Peneliti
Zefanya Regina
Ni Luh Ayu P.A.
Pembimbing
Dian Apriani Rahayu, S.Pd
Penghargaan
Bidang
KOMPUTER
Asal Sekolah
SMP NEGERI 39 SURABAYA
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan khususnya untuk kami dan pembaca secara umum terhadap pemanfaatan situs internet (brainly.co.id) bagi pelajar SMP saat ini. Brainly.co.id merupakan sebuah situs jaringan pembelajaran online yang sedang popular di kalangan siswa ? siswi yang di buat oleh tiga mahasiswa berasal dari Polandia. Situs yang ditujukan kepada pelajar SD hingga SMA ini, bermanfaat untuk membantu pelajar mengerjakan tugas rumah atau pun sekolah. Brainly.co.id tersebut sebenarnya sangat bermanfaat tetapi banyak pelajar yang masih sering mengandalkan situs tersebut. Sehingga, para siswa menjadi malas membaca buku dan lebih memilih mencari jawaban di brainly.co.id karena mereka merasa lebih cepat dan praktis dari pada harus mencari jawabannya satu persatu di buku. Di harapkan orang tua maupun guru tetap mengawasi siswa ? siswi dalam menggunakan internet. Manfaat dari penelitian ini pun adalah agar pembaca dapat menyaring positif dan negatifnya situs brainly.co.id dan menggunakannya dengan bijaksana.


Pemilihan Umum Online OSIS SMP Islam Al-Azhar 13 Surabayadengan Wix.com dan Poll-Maker untuk Menurunkan Jumlah pemilih Golput


Peneliti
Muhammad Gerald A.
Insan Annisa Nugraini
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
KOMPUTER
Asal Sekolah
SMP ISLAM Al AZHAR 13 SURABAYA
Abstrak

Penelitian berjudul pemilihan umum online osis dengan wix.com dan poll-maker untuk menurunkan jumlah pemilih golput ini bertujuan untuk mengetahui proses Pemilihan Umum OSIS secara online, mengatasi banyaknya golput pada saat Pemilihan Umum, serta mengetahui dampak dari Pemilihan Umum OSIS secara online terhadap angka golput. Pemilu osis ini banyak terjadi di SMP hingga SMA dan pelaksanaan nya juga sama dengan pemilu yang biasanya terjadi di masyarakat, dan juga banyak yang tidak memilih satupun kandidat atau mencoret kertas yang harusnya dicoblos. Karena ini saya telah mengembangkan sistem pemilu online. Pemilu ini lebih ramah lingkungan dam juga menggunakan teknologi yang lebih canggih dibandingkan sistem mencoblos kertas yang ada sekarang, keunggulan dari sistem ini adalah dapat menghemat banyak kertas, lebih aman, dapat dilakukan dimana saja dan juga memiliki waktu pemilihan yang lebih lama. Sistem ini cukup mudah dan dapat diterapkan di lingkungan masyarakat, dan juga sistem ini dapat menurunkan angka golput dengan drastis karena dapat dilakukan dimana-mana sehingga pemilih tidak perlu pergi ke tempat pengumpulan suara. Hal ini terlihat dari hasil pemilihan dimana semua siswa memilih kandidat, tidak ada yang golput atau tidak memilih.


Mempercepat Internet Dengan Logam


Peneliti
Nuril Dzikri Aulia
Yudhistira Rangga Paksi
Pembimbing
Purwo Cahyono, M.Pd
Penghargaan
Bidang
KOMPUTER
Asal Sekolah
SMA NEGERI 13 SURABAYA
Abstrak

Untuk membantu mempercepat koneksi internet pada modem yang sering bermasalah akibat panas yang di sebabkan oleh penggunaan jangka panjang. Daftar tersebut disertai dengan foto, Supaya lebih dapat menjelaskan lagi tentang persoalan yang sedang dipelajari. Dari hasil penelitian, riset maupun pengamatan, baik yang dilakukan khusus ataupun berbentuk laporan, sering diminta atau diinginkan suatu uraian, penjelasan atau kesimpulan tentang persoalan yang diteliti. Sebelum kesimpulan dibuat, keterangan atu data yang telah terkumpul itu lebih dahulu dipelajari,dianalisis atau diolah dan berdasarkan pengolahan inilah baru kesimpulan dibuat.


Penyalahgunaan Facebook di Kalangan Remaja


Peneliti
Reizka Deany Amalia
Vebby Aprisca Budiana
Pembimbing
Purwo Cahyono, M.Pd
Penghargaan
Bidang
KOMPUTER
Asal Sekolah
SMP NEGERI 39 SURABAYA
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memahami penyalahgunaan yang dilakukan para remaja tehadap media sosial. Penelitian ini dilakukan berdasarkan analisis di internet dan lingkungan sekitar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah mengambil contoh semple dari internet atas dampak penyalahgunaan facebook. Survei diinternet mengatakan bahwa banyak anak dibawah umur yang menggunakan media sosial sebagai ajang untuk penghinaan,pencemaran nama baik dan bisa terkena tindak pidana bulliying,penyalahgunaan media sosial dapat juga menyebabkan pelecahan seksual atau gangguan mental.


Telefon Genggam yang Berguna untuk Masyarakat Luas


Peneliti
Safira Dwi Siwi
Ibrahnovan Suly T.
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
KOMPUTER
Asal Sekolah
SMA NEGERI 14 SURABAYA
Abstrak

Penggunaan alat komunikasi sudah sangat umum dan mempunyai arti penting untuk masyarakat luas khususnya Indonesia. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sendiri sudah menjadi makanan sehari hari yang tidak berhenti digunakan di jaman sekarang ini. Contohnya, Telefon genggam, alat komunikasi yang satu ini adalah salah satu dari sekian banyak alat komunikasi yang ada. Telefon genggam atau yang biasa disebut gadget yang sudah sangat berkembang saat ini sudah seperti magnet yang membius seluruh lapisan masyarakat di belahan bumi ini, dengan berbagai macam aplikasi yang ada dan semua kemudahan yang ditawarkan maka, dengan mudah masyarakat di era modern ini dapat mengakses apapun yang ada di dunia ini. Termasuk informasi tentang lokal dan internasional dapat diakses kapanpun dimanapun dan oleh siapapun. Disamping itu dengan banyaknya situs web yang bisa diakses juga mempengaruhi pola hidup pada zaman sekarang ini. Perkembangan IPTEK juga semakin meluas sehingga membuat masyarakat menjadi lebih Individualis, dan sekuler. Banyak sekali Impact yang dapat dirasakan dengan adanya perkembangan teknologi yang terjadi di indonesia terutama di bidang pemanfaatan. Tetapi tidak sedikit pula yang dapat memanfaatkan IPTEK dengan sebaik baiknya.


Pemanfaatan Google Docs dalam Share Document dan Membuat Form untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran Siswa SMPN 29 Surabaya


Peneliti
Iffah Nabila
Adelia Nendah Nengtyas
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
KOMPUTER
Asal Sekolah
SMP NEGERI 29 SURABAYA
Abstrak

Perkembangan GOOGLE sering kali dicap sebagai penimbul efek yang negative bagi pembelajaran siswa ,dan merupakan masalah yang cukup besar . karena GOOGLE merupakan media yang tidak mudah dan tidak bias dilepaskan dari kehidupan para siswa khususnya dalam hal pembelajaran di sekolah . Tetapi ternyata GOOGLE dapat menimbulkan efek samping yang positif khususnya bagi pembelajaran, dan GOOGLE memiliki banyak sekali aplikasi yang dapat mempermudah pembelajaran siswa khususnya siswa ? siswi SMPN 29 suarabaya . GOOGLE FORM dan GOOGLE DOCS adalah beberapa aplikasi yang dimiliki oleh GOOGLE yang akan kami bahas di bagian pembahasan. GOOGLE DOCS merupakan office berbasis web dan penyimpanan data secara gratis yang dimiliki oleh GOOGLE. Produk GOOGLE ini memperbolehkan untuk membuat dan mengedit dokumen online dan dapat dikolaborasi dengan pengguna lain secara realtime. Sedangkan GOOGLE FORM atau yang biasa disebut GOOGLE FORMULIR adalah aplikasi yang berguna untuk membantu anda merencanakan acara ,mengirimsurvei, memberikansiswa atau orang lain kuis atau mengumpulakan informasi yang mudah dengancara yang efisien. Sehingga dapat membantu siswa dalam kegiatan pembelajaran disekolah khususnya di SMPN 29 Surabaya ini .


Cara untuk Membuat Permainan 3 Dimensi dengan Aplikasi UNITY dengan Cepat untuk Siswa-Siswi SMPN 29 Surabaya pada Tahun Ajaran 2015-2016


Peneliti
Moch. Faiz Nafi?u P
Zaurel Bafinora S
Pembimbing
Penghargaan
Bidang
KOMPUTER
Asal Sekolah
SMP NEGERI 29 SURABAYA
Abstrak

Game merupakan salah satu aplikasi interaktif yang melibatkan hubungan antara manusia dengan media elektronik maupun manusia dengan manusia. dapat saling berkomunikasi melalui game. Game 3D adalah game yang selain melibatkan elemen x dan y, juga melibatkan elemen z pada perhitungannya, sehingga konsep kamera pada game 3D benar-benar menyerupai konsep kamera pada kehidupan nyata, yaitu selain digeser (seperti pada game 2D), juga dapat diputar dengan sumbu tertentu. Unity adalah game engine yang dikembangkan oleh Unity Technologies. Pertama kali diluncurkan pada tahun 2005, dan terus mengalami perkembangan sampai dengan versi terbarunya (Unity versi 4) yang diluncurkan tahun 2012 lalu Kata kunci: game,game 3d,unity