FAQ
TANYA-JAWAB

 

KONSEP

Apa itu Tantangan Membaca Surabaya?

Tantangan Membaca Surabaya (TMS) adalah program yang diselenggarakan dinas pendidikan kota Surabaya untuk menantang siswa SD/SMP/SMA membaca sejumlah buku dalam waktu tertentu. Siswa yang berhasil menyelesaikan TMS akan mendapat sertifikat dari Dinas Pendidikan kota Surabaya.

Apa tujuan Tantangan Membaca Surabaya?

Tujuan TMS agar siswa gemar membaca dan punya ketrampilan memahami bacaan sesuai tingkatan usia.

 

PERATURAN

Bagaimana aturan Tantangan Membaca Surabaya?

Siswa ditantang untuk membaca buku (30 buku untuk kelas 1-3 SD, 20 buku untuk kelas 4-6 SD, 15 buku untuk kelas 7-9 SMP dan 10 buku untuk kelas 10-12 SMA) selama kurun waktu 9 bulan, dari April sampai Desember 2015.

 

Bagaimana kalau siswa tidak menyelesaikan membaca buku sesuai target? Seandainya siswa tidak berhasil menyelesaikan buku sesuai jumlah yang ditentukan per tingkat, berarti siswa tersebut gagal dan tidak berhak mendapatkan sertifikat.

 

Berapa minimal judul buku yang harus diselesaikan siswa setiap akhir bulan?

Tidak ada minimal judul buku per bulan. Yang penting di akhir tahun (Desember 2015), siswa selesai membaca buku sesuai target. Tidak masalah kalau bulan April siswa cuma membaca 1 buku lalu bulan berikutnya membaca 5 buku. Target jumlah buku adalah per tahun (April – Desember), bukan per bulan.

 

Bolehkah siswa membaca buku melebihi yang ditentukan?

Sangat boleh. Buku yang sudah dibaca dicatat di formulir Catatan Membaca Siswa.

 

VERIFIKASI

Bagaimana guru tahu jumlah buku yang telah dibaca siswa?

Setiap siswa peserta TMS wajib memiliki formulir Catatan Membaca Siswa. Buku-buku yang telah selesai dibaca diisikan ke formulir tersebut.
Kelas 1-3: orang tua atau guru memberi tanda tangan untuk buku yang selesai dibaca.

Kelas 4-6: siswa menuliskan kesan terhadap buku yang dibaca (1-3 kalimat), setelah itu guru memberi tanda tangan di formulir.

Kelas 7-9: siswa mengisi kartu resensi untuk setiap buku yang dibaca. Setelah itu guru memberi tanda tangan di formulir.

Kelas 10-12: siswa menulis resensi buku sebanyak 200 kata. Setelah itu guru memberi tanda tangan di formulir.

 

 

KEPESERTAAN SEKOLAH

Bagaimana cara sekolah mengikuti program TMS ini?

Sekolah mendaftar TMS dengan mengisi formulir pendaftaran yang dapat diunduh di website ini. Formulir diserahkan kepada Pak Yusuf di Dinas Pendidikan Kota Surabaya.

 

Minimal berapa persenkah siswa yang harus mengikuti tantangan membaca?

Tidak ada jumlah minimal siswa yang harus mengikuti program Tantangan Membaca Surabaya 2015 ini. Jika bisa SEMUA siswa didorong untuk mengikuti program TMS 2015 ini karena ini program yang mudah untuk diikuti oleh semua siswa. Semua siswa PASTI bisa menyelesaikan tantangan membaca sebanyak 20 - 30 buku selama 9 bulan.

 

Bagaimana cara mendapatkan sertifikat dari dinas pendidikan?
Setelah selesai program ini (Desember 2015), sekolah merekomendasikan nama-nama siswanya yang menyelesaikan TMS, telah membaca buku sesuai target. Dinas Pendidikan akan memberikan penghargaan sertifikat TMS berdasar nama-nama yang diajukan oleh sekolah. Hanya siswa yang telah membaca sesuai target yang akan diberi sertifikat.

 

DAFTAR BUKU

Buku-buku seperti apa yang dibaca untuk program TMS?

Buku yang dibaca adalah buku bacaan fiksi atau non-fiksi yang sesuai dengan tingkat pemahaman membaca anak. Buku teks sekolah, buku pelajaran atau bahan ajar tidak termasuk dalam TMS.

 

Apakah daftar buku bacaan di sekolah ditentukan dari sekolah atau anaknya sendiri memilih bebas?

Daftar buku bacaan direkomendasikan oleh dinas pendidikan (bisa dilihat di website) dan juga sekolah. Anak boleh memilih buku bacaannya sendiri setelah menyelesaikan separuh dari jumlah buku yang ditargetkan. Sebaiknya siswa bertanya terlebih dahulu pada guru/pustakawan apakah buku tersebut layak baca sesuai tingkatan usia. Sekolah yang memutuskan apakah buku yang dipilih sendiri oleh anak tersebut bisa masuk program TMS.

 

Apakah siswa hanya boleh membaca buku yang direkomendasikan di levelnya sendiri? Apakah siswa kelas 5 boleh membaca buku untuk kelas 3?

Siswa boleh membaca buku yang direkomendasikan untuk levelnya sendiri dan level di atasnya. Buku-buku untuk level di bawahnya boleh dibaca, tetapi tidak dihitung di program TMS.

 

 

RELAWAN

Saya tertarik dengan program TMS. Bagaimana saya bisa membantu?

Mahasiswa/Masyarakat umum bisa membantu dengan cara:

1.    Menyebarluaskan program TMS ini di sekolah-sekolah dan media sosial

2.    Merekomendasikan buku yang bagus dibaca sesuai tingkat usia

3.    Mendonasikan buku bacaan anak ke sekolah-sekolah

4.    Memberi materi ‘motivasi membaca’ dan/atau ‘cara meresensi buku’ di sekolah-sekolah

5.    Membuatkan poster untuk mempromosikan TMS

Untuk koordinasi relawan bisa menghubungi Pak Yusuf di Dinas Pendidikan Kota Surabaya.

 

Jika ada pertanyaan yang belum terjawab di FAQ ini, sila menghubungi:

—   Galuh W 0822-3094-3054 atau email galuh.twThis email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

Untuk memasukkan data Tantangan Membaca Surabaya 2015 :

 

1.     Masukkan username berdasarkan NPSN yang sesuai dengan    Profil  Sekolah

2.     Masukkan password : 1234 (bisa diubah)

3.     Isikan data TMS 2015 pada menu Data Siswa dan Daftar   Bacaan

4.     Jangan lupa untuk menyimpan (save)